Bea Cukai Tangkap KM Surya Fajar Angkut Cakar

0
191

Palu,Nuansapos.com – Patroli Bea dan Cukai pusat menangkap kapal KM Surya Fajar asal Malaysia di perairan Tolitoli 27 September 2022 lalu.

Km Surya Fajar ini mengangkut 605 ball pakaian bekas (Cakar) dari Malaysia tujuan Tolitoli Buol. Kalau dinilai dalam 1 ball harga pasaran sekitar Rp, 5 juta dikalikan 603 ball, maka dapat diperkirakan mencapai Rp, 3 miliyar nilai jual cakar itu.


Hal ini diungkapkan kepala Bea dan Cukai wilayah Sulawesi Tengah Wasis menjawab konfirmasi deadline-news.com Minggu (15/1-2023).

Menurutnya patroli bea dan cukai pusat yang melakukan penindakan dan penangkapan di perairan Tolitoli lalu diserahkan ke Wilayah bea dan cukai Sulteng di Palu untuk proses penindakannya.

“Kapal dengan berat GT 45 dengan 4 orang anak buah kapal sedang dalam proses penyidikan. Bahkan sudah P21, namun tahap duanya masih menunggu proses selanjutnya,”kata Penyidik Bea dan Cukai Awaludin menjawab deadline-news.com Minggu (15/1-2023), via chat di whatsAppnya.

Ia menegaskan kapal Surya Fajar itu akan segera dilelang untuk negara, sekalipun belum ada putusan Inkracht dari pengadilan.

“Dalam waktu dekat KM Surya Fajar akan segera dilelang untuk negara. Dan pelelangannya terbuka untuk umum, kecuali pemilik kapal,”jelas Wasis.

Kata dia sementara anak buah kapal sudah ditahan dan kapal disita oleh bea dan cukai untuk negara serta kemudian akan dilelang. DNs/BAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here