Desa Tambu – Sausu Menjadi Pusat Lokasi Binaan TNI AL Palu Melalui Kegiatan KBN 2021

0
143

Penulis : Sumardin (Pde)

PARIMO, nuansapos.com Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang terletak di desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu, Selasa (29/6/2021) diresmikan oleh Wakil Bupati Parimo H. Badrun Nggai SE disaksikan Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kol. Marinir Marthin Luther Ginting sebagai penggagas KBN wilayah Sulteng.

Dalam acara seremoni peresmian KBN, Wabup Parimo bersama Komandan TNI AL Palu juga melakukan pengguntingan pita dalam peresmian Gapura, Rumah Pintar serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat Kaili yang dilanjutkan dengan penanaman pohon alpokat dan pohon kemiri serta melakukan kunjungan di Pos pelayanan kesehatan gratis di lokasi kegiatan.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai sangat merespon dengan adanya kegiatan yang digagas oleh TNI AL.

“Pemda menyampaikan terima kasih dengan kegiatan seperti ini, dengan harapan agar keberadaan manggrove dan terumbu karang yang ada di pesisir pantai Teluk Tomini bisa terjaga dalam upaya memberikan keamanan terhadap potensi laut Parigi Moutong.

“Inn Sya Allah kedepannya tidak ada lagi oknum pengeboman ikan di laut.”Ujar Wabup.

Kata Wabup, program KBN yang dilaksanakan oleh TNI AL Palu juga selaras dengan program pemerintah daerah terkait dengan pemberdayaan masyarakat pesisir dan tindak lanjutnya tinggal diselaraskan dengan OPD dan desa terkait.

Selain itu, untuk Kawasan potensi pesisir laut di Parigi Moutong, memiliki potensi yang sangat luar biasa jika dikelola dengan baik dan juga akan memberikan manfaat serta memberikan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat desa tambu.

Atas nama pemerintah daerah terus mendukung apa yang telah dilakukan TNI AL pada kegiatan KBN ini, karena salah satu tujuan diselenggarakannya KBN ini untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir pantai sehingga dapat merubah kondisi pesisir pantai menjadi lebih baik lagi serta menjadi salah satu harapan pemerintah daerah kedepannya.

Komandan Pangkalan TNI AL Palu , Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting dalam sambutanya mengatakan terpilihnya desa Tambu sebagai pusat desa binaan atas diselenggarakannya program kegiatan kampung bahari Nusantara (KBN) karena desa inj masuk dalam beberapa kriteria melalui program KBN” urainya.

“KBN adalah pemberdayaan masyarakat pesisir agar potensi daerah ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga masyarakat bisa sejahtera” terangnya.

Bentuk pembinaan TNI AL pada KBN kata Komandan ini sebagai upaya memberikan sentuhan kehidupan masyarakat secara langsung, meliputi klaster edukasi (pendidikan), klaster kesehatan, klaster pariwisata, klaster ekonomi dan klaster pengamanan.

“Besar harapan dengan kegiatan KBN ini bisa dapat membantu pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat pesisir” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here