Mantapkan Kesiapan Tuan Rumah HPS & Harkanas 2020, Pemda Berbenah

0
535

Wartawan : Sumardin Husain (NP1)

PARIMO, nuansapos.com | Kabupaten Parigi Moutong yang ditunjuk sebagai tuan rumah, saat ini terus melakukan pembenahan wilayah sambut Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 40 dan Hari ikan Nasional (HARKANNAS) ke-7 di Provinsi Sulawesi Tengah.


Kegiatan HPS dan HARKANNAS Oktober 2020 di Kabupaten Parigi Moutong rencana akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan puluhan Diplomatur dari negara negara sahabat.

Pantauan media ini, terlihat Pemerintah Daerah Kabupaten terus berbenah, berupaya kerja keras ratusan lahan rawa dan hutan Mangrove akan disulap menjadi lahan pertanian produktif.

Kegiatan puncak Pelaksanaan HPS Dan HARKANNAS rencananya akan di pusatkan di pantai Mosing Desa Siney dan Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan.

Penyelenggaraan HPS dan HARKANNAS kali ini akan menggambarkan bagaimana keseriusan daerah dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi lahan sub optimal sebagai lahan produktif.

“Ini peluang yang sangat strategis untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Pertanian Indonesia khususnya pertanian di Kabupaten Parigi Moutong luar biasa dalam upaya menjaga keutuhan pangan,”Kata Bupati H Samsurizal Tombolotutu saat meninjau lokasi persiapan Upacara Puncak HPS, Minggu (22/3/20).

Tidak hanya itu, Bupati Samsurizal menambahkan, lokasi puncak HPS di lahan yang tadinya tidak bisa berproduktif akan menjadi produktif dengan sentuhan alat berat teknokogi tepat guna, bisa bermanfaat bahkan berpotensi menjadi tulang punggung penghasil pangan Nasional hingga berpeluang menjadi sumber ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Di akhir peninjauan Bupati berharap, agar semua pihak terus bergerak memperluas pemanfaatan lahan yang ada, sehingga pemanfaatan tersebut diharapkan tidak hanya terfokus pada komoditas padi tetapi juga pada tanaman hortikultura lainnnya.

Peninjauan lokasi tersebut, Bupati Parigi Moutong didampingi Ketua Panitia pelaksana HPS dan HARKANNAS H Ardi SPd MM, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Nelson Metubun SP dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hamka Lagala SE MH, Kepala Desa Khatulistiwa serta sejumlah Pejabat Administrator.

Sumber : Rislan (Diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here