Tingkatkan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Morowali Launching Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu

0
219

MOROWALI Sulawesi Tengah- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Morowali melaunching aplikasi “Jarimu Awasi Pemilu”. Bertempat di halaman kantor Bawaslu Morowali yang beralamat diseputaran area perkantoran Fonuasingko, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Selasa (14/02/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua Bawaslu Morowali Mahfud Sufu bersama Komisioner Bawaslu Morowali Ruslan SH dan Elsevin Lansinara SH berserta jajarannya, Pemda Morowali dalam hal ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Morowali Ir. Rizal Badudin, perwakilan Polres Morowali serta undangan lainnya.


Lounching aplikasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi pengawasan tahapan Pemilu 2024 yang digelar secara serentak. Dengan aplikasi ini siapapun akan dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu yang demokratis dan berkeadilan.

Pada kesempatan itu, Asisten I Pemda Morowali Ir Rizal Badudin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Morowali atas pelaksanaan apel siaga pengawasan dan lounching aplikasi Jarimu Awasi Pemilu 2024.

Atas nama Pemda Morowali, Rizal Badudin menyampaikan kepada seluruh Petugas Pengawas Pemilu bersama-sama dengan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pengawasan menjelang Pemilu Tahun 2024.

“Dengan aplikasi ini, kami berharap akan dapat meningkatkan partisipasi pengawasan pemilu 2024 yang digelar secara serentak sehingga melahirkan Pemilu yang demokratis dan berkeadilan khususnya di Morowali,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Morowali, Mahfud Sufu menyampaikan bahwa peluncuran Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu merupakan aplikasi komunitas digital pengawasan partisipatif tersebut dibuat sebagai percepatan pertukaran informasi, edukasi, literasi kepemiluan, serta amanah Perbawaslu Pengawasan Partisipatif.

Dia mengatakan dalam kegiatan ini diikuti oleh stakeholder yang sudah melakukan MoU diantaranya organisasi keagamaan, MUI, NU, gerakan pemuda ansor, dan GPDI, yang turut langsung terlibat akan melakukan pengawasan Pemilu 2024 di Morowali.

“Dalam kegiatan ini diikuti berbagai organisasi keagamaan diantaranya, MUI, NU, Gerakan Ansor dan GPDI, yang turut akan melakukan pengawasan pemilu 2024,” terang Mahfud Sufu.

Sekaitan hal itu, kata Mahfud Sufu juga dilaksanakan apel siaga pengawasan yang dilaksanakan oleh seluruh Bawaslu, Mulai dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Se-Kabupaten/Kota, bersamaan peluncuran program pengawasan partisipatif menggunakan aplikasi “Jarimu Awasi Pemilu” serta peluncuran posko kawal hak pilih.

“Kegiatan ini juga sekaligus wujud kesiapan Bawaslu Morowali untuk mengawal Pemilu 2024, baik secara personil Pengawasan, anggaran, dan kolaborasi dengan berbagai Stakeholder serta seluruh masyarakat Morowali. Kita awasi bersama Pemilu 2024 sehingga sesuai yang diharapkan melahirkan Pemilu yang demokratis dan berkeadilan,” jelasnya.

Setelah acara lounching usai, dilanjutkan dengan Apel Siaga Pengawasan yang dipimpin Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Morowali, Ruslan SH. Kegiatan berjalan lancar dan aman.

(PATAR JS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here