2 Tahun Tak Ada Kenaikkan Upah Buruh di Morowali, Nanti Didemo Pemda Baru Bergerak Urus

0
458

MOROWALI, Sulawesi Tengah- Berkisar ratusan buruh di Morowali yang tergabung dalam Forum Gerakan Buruh Bersatu melakukan aksi demo di kantor Bupati Morowali (04/01/2022), massa aksi menuntut kenaikan upah buruh yang sudah dua (2) tahun tak ada perubahan.

Aksi buruh yang tumpah ruah di depan kantor Bupati Morowali itu terdiri dari beberapa serikat yaitu, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM), Serikat Pekerja Nasional (SPN), Serikat Pekerja Sulawesi Mining Investmen Pabrik (SP-SMIP) dan Federasi Serikat Pekerja Nasional Indonesia (FSPNI).

Para orator massa secara bergantian menyampaikan orasi ilmiah nya dari atas mobil dengan menggunakan soundsistem, para aksi menginginkan adanya perubahan kenaikan upah buruh agar kesejahteraan buruh tercapai sebagaimana visi-misi Pemda Morowali yaitu sejahtera bersama.

“Sudah 2 tahun ini tidak ada kenaikan upah, padahal harga bahan-bahan sembako termasuk kos-kosan sudah melambung tinggi. kami juga ingin sejahtera melalui upah yang layak sebagaimana visi misi Bupati/W.Bupati sejahtera bersama,“ beber Ketua SPIM Morowali Afdal dengan suara lantang.

Disnakertrans juga dinilai egois dalam menetapkan UMK, para buruh tidak pernah dilibatkan dalam penetapan upah buruh. Hal ini dinilai tidak sejalan dengan
program pemerintah sejahtera bersama, yang hingga kini sudah 2 tahun persoalan upah belum naik juga.

“Kami sudah muak dan bosan dengan janji-janji Pemerintah katanya upah akan naik tapi tidak juga naik, sudah 2 tahun gaji tidak naik, pdhal di daerah lain gaji sudah naik apalagi harga-harga kebutuhan saat ini sudah naik. Kami datang menuntut hak-hak kami selama 2 tahun kami tidak naik upah, Pemerintah tidak perhatikan kami,” timpal rekannya yang lain di Amini para aksi.

Setelah hampir seharian, para aksi massa berorasi didepan halaman kantor Bupati Morowali, akhirnya perwakilan aksi massa diperkenankan masuk ke ruang Aula Bupati Morowali untuk berdialog langsung dengan Bupati Morowali.

Sementara, aksi massa lainnya diperkenankan masuk halaman kantor Bupati Morowali sembari berteduh dan beristirahat dihalaman kantor Bupati tepat dibawah teras kantor Bupati Morowali.

Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri Bupati Morowali, turut dihadiri Asisten I Pemda Morowali, sekretaris Disnakertrans Morawali, Kadis Pol PP Morowali, Kabag Ops Polres Morowali, perwakilan Kodim 1311/Mrw serta perwakilan masing-masing serikat buruh.

Adapun Hasil Pertemuan Antara Pemerintah Daerah Morowali dengan Forum Gerakan Buruh Bersatu sebagai berikut:

1. Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali akan memfasilitasi pertemuan/ mediasi antara Forum Gerakan Buruh Bersatu dan pihak PT.IMIP pada Minggu kedua bulan Januari Tahun Dua Ribu Dua Puluh Dua.

2. Pemerintah Daerah Kab.Morowali aian memfasilitasi Forum Gerakan Buruh Bersatu untuk Berdialog dengan bapak Gubernur terkait UMK.

3. Waktu pertemuan dengan bapak Gubernur akan disepakati/dijadwalkan setelah dilakukan pertemuan/mediasi dengan pihak PT.IMIP.

(PATAR JS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here