Bupati Arfan Pimpin Rapat Koordinasi Desk Pilkada Kabupaten 2020

0
66

POSO, Nuansapos.com – Selaku penyelenggara, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesabangpol) Pemda Poso, sukses menggelar Rapat Koordinasi Desk Pilkada Kabupaten Poso tahun 2020,
bertempat ruangan pertemuan Pogombo, kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Poso, yang dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Poso Drs. Arfan M.Si, Selasa (27/10/2020).

Bupati Arfan yang juga selaku Pembina Desk Pilkada dalam arahan menghimbau agar dalam pelaksanaan pesta Demokrasi Pilkada serentak di bumi Sintuwu Maroso bisa berjalan aman, lancar, damai dan tertip, sebagai mana yang tertuang dalam deklarasi damai bersama sebelumnya yang digelar oleh pihak KPU Kabupaten Poso.

“Tujuan dibentuknya Desk Pilkada adalah untuk mendukung penyelenggara agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, damai dan tertip sehingga dapat melahirkan produk Pemilu yang berkwalitas sebagaimana yang diharapkan bersama,” terangnya, seraya menambahkan Desk Pilkada secara teknis akan mengkoordinasikan dengan OPD terkait agar dapat mendukung proses penyaluran logistik Pilkada khusunya di wilayah rawan bencana longsor.

Dirinya pun mengingatkan kepada semua pimpinan OPD dilingkupi Pemda Poso termasuk semua PNS yang saat ini tengah bertugas, untuk tetap menjaga netralitas sebagai ASN dalam semua proses tahapan Pilkada tahun ini.

Dalam kesempatannya Ketua KPU Kabupaten Poso Budiman Maliki, S.Sos mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah merampungkan proses perekrutan tenaga KPPS, dimana dalam 1 TPS akan diisi oleh 9 orang anggota KPPS, termasuk persiapan pelaksanaan debat antar paslon pada tanggal 31 Oktober 2020.

Diakui Budiman, salah satu tantangan KPU Kabupaten Poso, yakni dalam mendistribusikan logistik yaitu terkait akses jalan khusunya yang menuju ke wilayah Kecamatan Lore Bersaudara.

“Diharapkan kepada Pemda Kabupaten. Poso melalui OPD terkait dapat menempatkan alat berat di titik-titik lokasi perlintasan yang rawan longsor mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan,”tuturnya.

Untuk lokasi penyortiran maupun penyimpannan logistik Pemilu ucap Budiman menambahkan telah ditetapkan
gedung olahraga Puselemba Poso, yang berada di jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara.

Melalui Staf Divisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Kabupaten Poso I Made Sumerta, SH, mengutarakan bahwa pihaknya saat ini dalam tahapan perekrutan pengawas PPS.”Peran Bawaslu itu jelas untuk mencegah dan mengawasi setiap pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan Pilkada,”terangnya.

Kabag Ops Polres Poso Kompol Nurhadi, SH dalam kesempatannya mengatakan potensi yang dapat menimbulkan gangguan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yaitu meliputi kesiapan pihak penyelenggara itu sendiri, termasuk banyaknya beredar berita hoax.

Sementara Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Gusti Nyoman Mertayasa, SE, juga turut mengingatkan kepada seluruh paslon termasuk pendukyngnya agar lebih berhati-hati lagi dalam melaksanakan kampanye untuk tidak mengangkat issu SARA, mengingat Poso dahulu pernah terbakar akibat adanya unsur politik yang mengangkat issu sensitif seperti SARA.

Diketahui, melalui penatan KPU Kabupaten Poso, belum lama ini jumlah DPT di Kabupaten. Poso, pada perhelatan Pilkada pada 09 Desember 2020, ada sebanyak 158.646 orang pemilih, yang terdiri dari 80.693 laki-laki dan 77.953 perempuan, yang tersebar di 170 Desa/Kelurahan, 19 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Poso.

Pantaun pewarta Nuansapos.com, dalam giat ini juga dihadiri oleh Kaban Kesangpol M. Ari Pamungkas, SH.,MH, Kaban Keuangan dan Aset Daerah Sukimin, Kadis Kesehatan dr. Taufan N. Karwur, M.Kes, Kepala BPBD, Kasat Intel Polres Poso Iptu Tamrin Samudra, Pasi Intel Intel Kodim 1307/Poso Lettu Mulawarman, Ketua Tim Pemenang paslon nomor satu Iskandar Lamuka dan Abdul Rahman dari paslon nomor tiga serta 40 orang peserta rapat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here