Bupati Verna Datangi Warga Desa Meko Pasca Diterjang Angin Puting Beliung

0
57

POSO, Nuansapos.com – Sehari pasca peristiwa Bupati Poso dr.Verna GM Inkiriwang, Minggu (18/04/2021) meninjau dari dekat sejumlah lokasi terdampak bencana alam angin puting beliung yang melanda Desa Meko Kecamatan Pamona Barat, pada Sabtu sore 17 April 2021.

Orang nomor satu Kabupaten Poso ini, juga berkesempatan diri menghadiri mengikuti ibadah pelepasan jenasah Yurniawati Misraim Tabaru wanita usia 23 tahun, korban meninggal dalam peristiwa becana alam tersebut, yang nantinya akan diberangkatkan menujuh Kelurahan Kasiguncu Kecamatan Poso Pesisir untuk dimakamkan.

Dalam kesempatannya Bupati Verna mengungkapkan rasa keprihatinannya atas terjadinya peristiwa bencana alam tersebut serta tak lupa mengucapan turut dukacitanya yang mendalam kepada pihak keluarga dari almarhum Yurniawati Misraim Tabaru dan memberikan bantuan.

Bupati Verna juga berpesan agar warga masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada dalam menghadapi sewaktu waktu terjadi lagi bencana alam susulan.

“Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia bagian tengah mengalami periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau (Pancaroba). Pada periode pancaroba ini, cuaca umumnya berubah lebih dinamis dan signifikan, sehingga berpotensi terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat, petir, angin kencang, potensi puting beliung, bahkan hujan es,” terangnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kabupaten Poso, Noldi Tobondo mengatakan pasca kejadian pihaknya telah mendirikan tenda ukurun besar sebagai tempat beribadah sementara bagi warga jemaat gereja katolik, yang mengalami rusak berat.

“Sudah dilakukan pendataan korban, kerusakan, pembangunan tenda, pemberian bantuan pangan dan alat tidur, pembersihan lokasi dari puing dan rerutuhan bangunan dengan melibatkan unsur pemerintah daerah, kecamatan, desa, TNI/POLRI dan para Relawan serta warga desa setempat,” ucap Noldi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here