Cegah Penyebaran Covid-19, RSUD Poso Tiadakan Jam Besuk Pasien

0
146

POSO, Nuansapos.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Poso, dalam pengumumannya, terhitung pada hari Senin 28 Juni 2021, pekan depan
akan meniadakan jam besuk pasien.

Menyusul adanya surat himbauan kepada rumah sakit untuk mensosialisasi dan mendisplinkan protokol kesehatan (Prokes) di rumah sakit, yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Prof.dr Abdul Kadir Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS, tertanggal 16 Juni 2021.

Direktur RSUD Poso dr Massalindri Hasmar M.Epid, M.Kes, S.Ps yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa hal tersebut, semata sebagai bentuk pengantisipasian adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19, akhir-akhir ini, baik itu skala nasional maupun yang terjadi di daerah Kabupaten Poso.

“Hal ini dimaksudkan selain menyikapi serius adanya surat himbauan yang terima dari pihak Dirjen Pelayanan Kesehatan, juga sekaligus langkah pencegahan penyebaran virus covid-19 di lingkungan rumah sakit, sebagaimana yang dimasud dalam isi surat tersebut,” terangnya tanpa menyebut batas akhir berlakunya.

Lanjut kata dokter Hasmar sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pihaknya memang akan meniadakan jam besuk bagi keluarga pasien, kecuali bagi pasien tertentu dan atas izin dokter atau petugas medis.

“Dalam masa pemberlakuan aturan ini, penjaga pasien rawat inap pun hanya dibenarkan sebanyak dua orang saja tidak boleh lebih,” terang Hasmar, tanpa seraya berharap agar warga masyarakat dapat memahami dan mematuhinya demi kesehatan dan keselamatan diri bersama.

Mengacu pada data Dinas Kesehatan Kabupaten dalam laporan harian surveilans ketat Covid-19, Minggu 20 Juni 2021, pukul 14.00 Wita menyebutkan bahwa Kabupaten Poso masih berada di zona merah dengan jumlah 28 orang yang terkonfirmasi positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here