Kasihan, 800 Guru Kontrak di Morowali Sudah 3 Bulan Belum Terima Gaji

0
164

MOROWALI, Nuansapos.com- Siapa pun kita pasti akan terenyuh hatinya jika mendengar kisah pilu satu persatu para pendidik yang mengabdikan diri sebagai guru kontrak di Kab.Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Selama tiga (3) bulan terhitung sejak Juli 2021 hingga sekarang, para pelita dalam kegelapan itu, dengan jumlah berkisar 800 guru, belum terima gaji. Mereka harus tetap tampil tegar mencerdaskan generasi bangsa, ditengah kesulitan ekonomi yang di alami selama 3 bulan tersebut.

Am misalnya, salah satu guru kontrak d Morowali, harus mencari pinjaman untuk bisa bertahan hidup. Sebab ia tak punya pencaharian atau pendapatan lain, benar-benar hanya berharap dari gaji setiap bulan yang diterimanya.

Apalagi dirinya mengaku punya 3 anak dan istri yang harus dihidupi, berbagai kebutuhan wajib harus dipenuhi setiap hari. Seperti, susu anak-anaknya, popok dan lain-lain.

“Sejak belum terima gaji, kami terpaksa ngutang Pak Wartawan. Mau gimana lagi, kebutuhan semua mendesak. Gaji yang diharap setiap bulan belum jelas sampai sekarang sudah tiga bulan terakhir ini,” ungkapnya dengan mimik sedih.

Senada kisah KY, terpaksa harus memancing ikan di laut saat malam hari untuk kemudian dijual. Hal ini dilakukan, agar kebutuhan rumah tangganya bisa terpenuhi. Sebab, sudah 3 bulan dirinya tak terima gaji sebagai guru kontrak di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kab.Morowali.

“Saya ini memancing setiap malam Pak, pergi sekitar pukul 10 malam dan nanti balik rumah sekitar pukul 5 pagi, lumayan bisa menutupi kebutuhan rumah tangga. Gaji yang diharap senilai Rp 2.300.000/bulan x 3 bulan sampai sekarang belum juga terealisasi,” terangnya panjang lebar seraya curhat.

Saat ditanya, yang diketahui dirinya tentang penyebab keterlambatan pembayaran tersebut. KY menerangkan, kalau penjelasan Kadis Pendidikan tentang keterlambatan pembayaran Guru Honorer Daerah. Sebagai berikut:

Terkait Gaji Guru Honda saat ini administrasi sudah tuntas. Tetapi masih menunggu singkronisasi ABPD Perubahan ke SIPD dan Simda.

Yang belum dibayar bulan 7, 8, dan untuk bulan 9, penagihannya nanti bulan 10. Harap maklum. Agar hal ini disampaikan kepada guru-guru Honorer disekolah masing-masing, Thanks.

“Itu keterangan pesan WhatsApp (WA) yang kami peroleh Pak dari kepala sekolah kami, yang diteruskan dari WA Kadis Pendidikan Morowali,” terangnya membacakan isi WA di handphone miliknya.

Menyimak kisah dari setiap guru kontrak diatas adalah potret kecil dari sederan kondisi yang dialami saat ini para pahlawan tanpa jasa itu. Dan masih banyak kisah pilu para guru kontrak lainnya di daerah yang punya tagline sejahtera bersama.

Terkait hal ini, Kadis Pendidikan Morowali Amir Amiruddin dikonfirmasi via WA di No. 0852-4109-xxxx, tak memberikan tanggapan apapun. Padahal tampak centrang dua muncul pada layar HP wartawan media ini yang dikirimkan, Sabtu malam ( 26/09/2021, pukul 21:26 Wita).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here