Mendagri Gelar Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Secara Virtual

0
120

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Sulteng, Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH, MH bersama unsur Forkopimda, KPU, Bawasluh dan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Rakor kesiapan tahapan pemungutan suara pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 secara virtual yang dipandu oleh Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn.) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D, bertempat di ruang vidcom Kantor Gubernur Sulteng, pada hari Selasa 8 Desember 2020.

Selain Mendagri Jend. Prof. Tito Karnavian, secara langsung juga hadir Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN, Kepala BNPB dan Kepala DKPP RI bertempat di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara serta Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak secara virtual dari masing-masing daerah. Diketahui, pada 2020, sebanyak 270 daerah melaksanakan pilkada serentak.

Mendagri Jend. Prof. Tito Karnavian dalam sambutannya menyatakan Rakor yang dilaksanakan merupakan acara penting dalam rangka kesiapan tahapan puncak Pilkada 2020. Diharapkan Pilkada serentak dapat berlangsung dengan aman dan lancar yang merupakan puncak dari tahapan Pilkada serentak serta tidak menjadi media penularan pandemic covid-19 karena potensi interaksi dan kerumunan, untuk itu protokol kesehatan kiranya diperketat.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan data terdapat 2,2 Persen pelanggaran yang terjadi, Terkait dengan protokol kesehatan, dia menyebut UU dan PKPU memperbolehkan adanya pertemuan tatap muka dengan maksimal 50 orang. Beberapa jenis pelanggaran bahkan telah diajukan ke pengadilan atas pelanggaran tersebut. Bahkan ada yang sampai pada proses pidana.

Biro Humas dan Protokol.(NP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here