SM Oknum Ketua DPRD Poso Ditangkap Warga Saat Masa Tenang Berlangsung

0
209

POSO, Nuansapos – Sempat viral di media sosial, oknum Ketua DPRD Poso inisial SM, ditangkap oleh sejumlah warga masyarakat, saat tengah berada dalam kendaraan roda empat, Selasa malam (08/12/2020), sekira pukul 23.30 Wita, di ruas jalan Desa Toaro Kecamatan Pamona Utara.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh seorang anggota Panwascam setempat, serta turut disaksikan oleh warga, dari dalam mobil mini bus dengan nomor Polisi DD 1027 TQ berwarna hitam, ditemukan satu karung beras 50 Kg, puluhan baju kaos dan gelas jenis keramik warnah putih yang bergambarkan pasangan Darmin A Sigilipu – Amjad Lawasa (Das-Beramal), calon Bupati dan Wakil Poso, nomor urut 2 peserta Pilkada tahun 2020.

Pasca penangkapan malam itu, SM yang belakangan diketahui juga sebagai Ketua pemenang Das-Beramal, selanjutnya diarahkan oleh warga menujuh Polsek Pamona Puselemba di Kota Tentena, termasuk semua barang buktinya.

Dari keterangan tidak resmi menyebutkan, selain kendaraan yang ditumpangi, yang juga diduga menggunakan plat nomor Polisi palsu, juga ditemukan uang tunai ada sebanyak 2 juta rupiah, yang ditengarai akan diserahkan kepada tim Das-Beramal di Desa Toaro, yang memang telah mengundang dan sangat berharap kehadiran SM di desa tersebut.

Aksi SM ini dapat diancam hukuman dua  tahun penjara. Ancaman hukuman tersebut mengacu pada pasal 523 ayat 2 Undang-undang 7/2017 Tentang Pemilu.

Di sana dijelaskan bahwa setiap pelaksana, peserta, dan atau tim kampanye yang dengan sengaja pada masa tenang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada pemilih secara langsung atau tidak langsung diancam penjara paling lama empat tahun dan denda paling banyak 48 juta rupiah.

Saat berita diturunkan, peristiwa yang melibatkan oknum wakil rakyat ini, masih tengah didalami oleh pihak terkait. Yang telah dijadwalkan akan dilanjutkan pada hari ini, (Rabu, 09/12.red), ditengah pelaksanaan Pilkada berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here