PENYERAHAN SECARA SIMBOLIS 20 SERTIFIKAT DAN 263 KARTU PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN

0
554

TOLITOLI NP Aparatur Desa Kabupaten Tolitoli telah dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari MOU antara Pemda Kab. Tolitoli dengan BPJS Ketenagakerjaan nomor : 181.1/146/BAG. KUMDANG dan No: MOU/13/2019, dan diresmikan dengan penyerahan secara simbolis 20 Sertifikat dan 263 Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati Kabupaten Tolitoli dengan didampingi oleh Kepala DPMD Kab Tolitoli kepada Apratur Desa Kab. Tolitoli pada acara Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 bertempat di Lapangan Sultan Bantilan, Tolitoli.
Andi Ilham Akbar selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Buol Tolitoli yang di temui sejumlah wartawan mengungkapkan “Kami mengapresiasi Kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli untuk memberikan perlindungan kepada Aparat Desanya dengan mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, hal ini merupakan langkah yang tepat yang diambil oleh Pemda Tolitoli dalam memberikan perlindungan kepada Aparat Desa sesuai yang diamanahkan oleh Undang-undang”.
Program jaminan social ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan memberikan kepastian perlindungan kepada seluruh Aparatur Desa atas segala resiko yang terjadi pada saat melakukan aktivitas pekerjaan sehingga Aparatur Desa merasa lebih tenang dalam bekerja dan mendorong peningkatan produktivitas. “Terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kab. Tolitoli atas kerjasamanya yang telah memberikan perlindungan jaminan social ketenagakerjaan kepada Aparatur Desanya, dimana mereka mendapatkan perlindungan dari 2 program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKm) dan kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan tsb. Setelah menjadi peserta secara otomatis Apratur Desa yang telah terdaftar ini memiliki hak atas manfaat program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan diantaranya pada program JKK, jika peserta mengalami kecelakaan kerja, maka mereka berhak untuk mendapatkan manfaat biaya pengobatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan medis, santunan sementara tidak mampu bekerja, dan jika sampai mengakibatkan meninggal dunia karena kecelakaan kerja tsb maka ahli waris berhak mendapatkan santunan senilai 103.736.592,-. Adapun manfaat program Jaminan Kematian (JKM), apabila ada Aparat Desa yang meninggal dunia tanpa sebab kecelakaan kerja, ahli waris yang ditinggalkan akan tetap mendapatkan santunan sebesar 24 juta rupiah, dan apabila masih ada anak yang masih sekolah yang ditinggalkan dan kepesertaan sudah mencapai 5 tahun, juga berhak atas beasiswa untuk anak tersebut.
Kepala DPMD tolitoli bapak sikron mengatakan “BPJS Ketenagakerjaan dan Pemda Kab Tolitoli sepakat bahwa di lingkungan pemda tolitoli utamanya aparat desa untuk mrnjaga keselamatan kerja ini menjadi hal yang penting,karena Aparatur Desa perlu untuk dijaga Keselamatan dan kenyamanan kerjanya agar keluarga dirumah pun tenang dan kami berharap dengan di daftarnya aparatur desa untuk Bpjs ketenaga kerjaan dapat memberikan perlindungan keluarga yang tidak di inginkan sehingga perlu adanya BPJS ketenaga kerjaan ujarnya
Bagi BPJS Ketenagakerjaan, perlindungan bagi tenaga kerja sector Pegawai / aparat Non ASN, merupakan suatu hal yang penting mengingat signifikannya jumlah pekerja di sector tsb dan juga tingginya resiko kerja yang kerap menimpa pegawai/ Aparat Non ASN tsb. Berdasarkan data tahun 2018, sebanyak 1,5 Juta pekerja Non ASN di Indonesia telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selain 50 Juta pekerja kategori lainnya yang juga telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Kami berharap dengan didaftarkan Aparatur Desa Kab. Tolitoli ini pada program BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi contoh untuk lembaga atau instansi lainnya agar lebih sadar dan memperhatikan perlindungan Tenaga Kerja di linkungannya dan jika pekerja sudah terlindungi dari resiko-resiko kerja pasti mereka dapat bekerja lebih tenang dan produktif.(NP 5)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here