Poso Bertambah Menjadi 6 Orang Positif Covid-19, 2 Diantaranya Dokter Dan Perawat

0
391

POSO NP – Data rilis terakhir gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Poso pada hari Selasa 28 April 2020 menyebutkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, di Kabupaten Poso, bertambah menjadi sebanyak 6 orang.

Angka ini meningkat drastis hanya dalam hitungan sehari, jika mengacu pada data dan information yang dirilis terakhir oleh gugus tugas pencegahan penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, tepatnya pada hari Senin tanggal 27 April 2020, pukul 17.30 wita, terkonfirmasi baru ada 3 orang pasien positif.

Hal ini juga lebih diperjelas Oleh Update Surveilans Ketat Covid-19 Kabupaten Poso berdasarkan hasil laporan harian Dinas Kesehatan Pemda Poso, pada hari Selasa 28 April 2020, pukul 14.00, yang menyebutkan asal 6 orang pasien positif berdasarkan wilayah kelurahan / desa.

Yakni masing – masing, 1 orang berasal dari Desa Tangkura, 1 orang dari Kelurahan Mapane, 1 orang dari Kelurahan Kayamanya, 2 orang dari Kelurahan Lawanga dan 1 orang dari Desa Mayoa.

dr. Marwan Neno M.Kes.MARS selaku juru bicara Tim gugus tugas pencegahan, pengendalian, dan penanganan Corona Virus DISEASE 2019 (Covid-19) Kabupaten Pos saat dikonfirmasi membenarkan, soal adanya ketambahan 3 warga Poso yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil test Swab PCR.

“Benar pak, dari hasil Swab PCR kami diterima hari ini, ada ketambahan 3 orang warga Poso positif Civid-19,”ungkap Marwan saat dihubungi wartawan dari Posko Jurnalis Poso Liputan Covid-19, Selasa malam (28/04/2020).

Bahkan kata Marwan, dari ketiga warga Poso yang terkonfirmasi positif Covid-19, ada 2 orang yang merupakan pekerja medis RSUD Poso di bagian Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Poso, yakni dokter NU (wanita 38) alamat kerja Puskesmas Lawanga dan perawat NM (wanita 33) alamat kerja Puskesmas Tangkura. Yang satunya lagi pasien umum.

“Dua petugas kesehatan itu satu dokter dan perawat, kan kerjanya di UGD dan yang masuk di UGD kan rata-rata pasien umum tanpa diketahui apakah pasien-pasien umum itu pernah kontak dengan pasien corona sebelumnya,”terang Marwan.

Sementara 1 pasien lainya yakni J (wanita 26 ) asal wilayah Kelurahan Mapane dengan riwayat pernah berkontak langsung dengan pasien 01 terkonfirmasi positif Covid-19.

Marwan menambahkan, sebelumnya ketiga pasien tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Sehingga 2 orang isolasi perawatan di Hotel Wisata Poso dan seorang lagi lakukan isolasi mandiri di rumah.

“Saat ini ketiga pasien positif corona yang baru masuk, semuanya dalam keadaan stabil dirawat di RSUD Poso,” jelasnya, seraya menghimbau agar masyarakat Poso, selalu ikuti anjuran pemerintah, yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(NP06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here