Program PTSL 2022, BPN Morowali Siapkan Kuota 1.000 Lebih Sertifikat Gratis

0
196

Morowali, Sulawesi Tengah- Pada tahun Anggaran 2022 ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Morowali punya sejumlah program yang menyentuh langsung ke masyarakat Morowali.

Diantaranya, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) lebih 1000 bidang, lintas sektor (PTSL Mandiri) 250 bidang, Redistribusi Tanah 600 bidang, IP4T 1500 bidang, sertifikasi BMN 540 bidang termasuk program GTRA dan reforma agraria (Pemberdayaan).

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala BPN Morowali, Moh.Iqbal kepada sejumlah Wartawan saat menggelar jumpa Pers di Aula Kantor BPN Morowali, Jum’at (18/03/2022).

Dikatakannya, Untuk program PTSL Morowali punya kuota 1000 lebih bidang tanah yang akan disertifikat secara cuma-cuma alias gratis. Adapun terkait adanya pembayaran, hal tersebut dilakukan oleh Pemerintah Desa dengan biaya maksimal 350 ribu, sebagaimana yang tertuang dalam SKB 3 Menteri.

” Jadi PTSL ini gratis dari BPN, pembayaran itu ditingkat Desa dengan biaya maksimal 350 ribu untuk pembiayaan patok, materai dan lain-lain. Hal tersebut ada diatur dalam SKB menteri, dimana untuk wilayah Sulawesi Tengah maksimal Rp.350 ribu,” terang kepala BPN Morowali Iqbal.

Diterangkannya secara rinci, untuk program PTSL mendapat target Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 3.200 bidang, Sertifikat Hak Atas Tanah (SHT) 4.000 bidang dan K4 sebanyak 1.920 bidang.

Berikut daftar rincian lengkap dengan Desa dan Kecamatan yang akan tersentuh program tersebut.

Diakhir penjelasanya, Moh.Iqbal berharap kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan program ini untuk penerbitan sertifikat lahannya bagi warga yang belum tersertifikat lahan miliknya sebagai bukti sah kepemilikan.

“Sertifikat tanah ini diperlukan untuk kepastian hukum dan kepemilikan yang sah, sehingga terhindar dari konflik agraria. Untuk itu diperlukan sinergitas antara Pemkab dan BPN dalam mensukseskan program PTSL ini,” jelas Iqbal kepada sejumlah Wartawan.

Dalam konferensi Pers tersebut, selain di hadiri kepala BPN Morowali Moh.Iqbal, juga turut dihadiri Kasubag Tata Usaha Novita Eyato,S.E,Kepala Seksi Survei dan Pengukuran Moch.Khoirul Huda,S.ST,
Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Syamsul Anwar,S.P serta para jabatan fungsional lainnya.

(PATAR JS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here