Ribuan Hektar Sawah Petani Rusak Berat diTerjang Banjir, Warga Butuh Bantuan Pemkab Donggala

0
32

DONGGALA, NP – Sehari setelah banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Banawa Tengah, Donggala pada Kamis (15/10) kemarin ,seperti yang dilansir Kaili Post pada Sabtu (17/10/2020) dilokasi yang terdampak banjir tersebut ,masyarakat Kecamatan Banawa Tengah dari Desa Limboro ,Kola-Kola ,Limbudolo ,Powelua ,Lampo ,Mekar Baru dan Towale  saling membersihkan rumahnya dari lumpur.

Ramadhan salah satu warga Desa Kola-Kola yang dihampiri dirumahnya mengatakan ,baru kali ini banjir terlihat sangat besar ,tapi untung saja banjirnya tidak sampai larut malam.

“Cuma warga Kola-Kola yang banyak kehilangan hasil pertaniannya ,hasil taninya itu adalah kelapa sekitar ribuan biji ,dan ada satu rumah panggung yang beralaskan kayu papan terbawa banjir ,”kata ramadhan.

Banjir tersebut bukan hanya di Kecamatan Banawa Tengah saja yang terkena dampak ,di Kecamatan Banawa Selatan pun lebih parah lagi.

Sahra salah satu masyarakat di Desa Tanahmea saat dimintai keterangannya terkait banji bandang yang terjadi di Kecamatan Banawa Selatan.

“Baru kali ini banjir saya lihat di Desaku sangat deras ,sampai-sampai sawah sudah rata dengan banjir ,untung saja pembatas sawah itu masih ada ,jadi pemilik sawah masih bisa mengetahui batasnya ,”kata sahra saat ditemui Kaili Post.com Sabtu (17/10).

Lanjut dikatakannya ,di Desa bambarimi banjir sudah sampai dijalanan ,dan ada juga rumah yang rusak akibat diterjang banjir ,serta hasil panen petani perkebunan dan sawah sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

“Alhamdulillah dalam musibah itu tidak ada korban jiwa ,cuma masyarakat mengalami banyak kerugian ,rumahnya rusak ,hasil perkebunan seperti kelapa ,coklat dan gabah belum lagi perabot rumah tangga dan alat dapur habis terbawa banjir ,”tandasnya.(NP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here