RSUD Poso Rawat Bayi Usia Tiga Pekan Positif HIV Aids

0
1471

POSO NP – Pasca kelahirannya bayi tanpa nama usia tiga pekan asal Desa Ratuombu Kecamatan Lage, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, oleh dokter dinyatakan positif HIV Aids dan saat ini tengah mendapat perawatan medis di RSUD Poso.

Malangnya lagi, karena himpitan ekonomi, sehingga orang tua bayi tidak mampu memenuhi kebutuhannya seperti susu, popok, pakaian dan kelengkapan dasar bayi lainnya.


Menurut Febi Rawadi bidan Desa Ratuombu yang saat ini setia mendampingi bayi tersebut pada sejumlah pewarta mengatakan bahwa ibu dari bayi malang ini memang penderita HIV Aids dan Hepatitis B Stadium 3.

“Orang tua bayi ini pak juga mengidap Haiv-Aids dan Penyakit Hepatitis B, sehinggga bayi yang belum diberi nama ini tidak diperbolehkan untuk disusui oleh ibunya. Terpaksa bayi ini harus dibantu dengan susu bayi. Sementara orang tua bayi ini tidak punya dana,”aku Febi Rawadi, Selasa (24/03/2020).

Bidan Febi juga mengaku jika bayi itu belakangan diketahui mengidap penyakit tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium rumah sakit di Kabupaten Parimo.

“Bayi ini positif pak. Sebab sejak masih hamil saya yang selalu memeriksa ibunya. Dan kakak bayi ini juga meninggal di usia 5 bulan, karena penyakit bawaan ibu dan ayahnya yang mengidap Hiv Aids serta hepatitis B,”sebut Febi.

Lebih dalam dijelaskannya, dana yang digunakan selama ini untuk membiayai bayi itu berasal dari uangnya dan simpati dari para perawat dan petugas di RSUD Poso. Sementara ibu dan ayah bayi tersebut tidak pernah lagi muncul menengok anaknya sebab tak punya biaya.

“Saya hanya rasa kemanusiaan saja mengurus bayi ini walaupun dengan dana saya yang pas pasan. Saya minta jika ada sesama yang empati dengan keberadaan bayi ini yang lahir dari keluarga yang sangat kurang mampu, untuk membantu meringankan beban bayi ini,” harap bidan berhati mulia ini. Seraya menambahkan “Saya juga telah berusaha ke Dinas Sosial dan Kesbangpol Pemda Poso minta bantuan tapi jawab tidak ada dana. Syukur ada seorang kepala badan yang bersedia beri bantuannya 100 ribu .(NP6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here