Rutan Kelas IIB Poso Serius Cegah Masuknya Covid-19

0
589

POSO NP – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Poso melakukan langkah serius dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19 masuk ke dalam lingkungan Rutan yang saat dihuni ada sebanyak 250 orang warga binaan.

Hal tersebut dibuktikan dengan disediakannya fasilitas berupa box sterilisasi Covid-19 yang dilengkapi satu unit mesin uap, yang diperuntukan bagi setiap tamu atau para keluarga dari warga binaan yang hendak masuk berkunjung termasuk para petugas dalam Rutan tersebut.


Kepala Rutan Kelas IIB Poso Tomi Elyus Amd. IP. S.Sos. SH. M.Si. pada pewarta Nuansa Pos menjelaskan bahwa penyediaan fasilitas tersebut telah disiapkan sejak tersiar kabar adanya kasus penanganan pasien Covid-19 di wilayah Sulawesi Tengah.

“Penyediaan box sterilisasi ini guna mensikapi makin mewabahnya virus Covid-19, yang akhir – akhir ini semakin meresahkan. Sehingga dipandang perluh adanya langkah serius untuk melakukan pencegahan masuknya virus Covid-19 ke dalam dilingkungan Rutan ini,”ungkap Tomi Elyus, Rabu (01/04/2020).

Tomi Elyus juga menambahkan pihaknya juga menyediakan alat pendektesian suhu tubuh berupa thermol gun dan fasilitas ruangan isolasi sementara, yang didukung oleh tiga orang tenaga medis (perawat.red) dari Dinas Kesehatan Pemda Poso.

Bukan hanya itu saja kata dia, untuk mengurangi pertemuan atau kontak langsung, saat ini Rutan yang dipimpinnya itu, juga telah difasilitasi dengan sarana komunikasi video call melalui sambungan perangkat komputer sebanyak tiga unit.

Sarana tersebut khusus diperuntukan bagi warga binaan yang hendak berkomunikasi dengan pihak keluarganya diluar, dengan penjadwalan yang telah diatur sebelumnya.

“Memang sejauh ini belum ada ditemukan baik itu tamu yang datang, maupun warga binaan yang terindikasi telah terpapar virus Covid-19. Walau demikian, demi keselamatan warga binaan, pengawasan dan pencegahan akan terus kami dilakukan, tanpa meninggalkan standar operasional prosedur yang telah ada sebelumnya,”tegasnya.(NP06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here