Antisipasi Penularan Corona di Sulteng, 255 Kumpulan Orang Dibubarkan Polisi

0
711

PALU NP – Sejak ditetapkannya kebijakan Physical Distancing atau jaga jarak yang kemudian ikut dipertegas oleh Maklumat Kapolri tertanggal 19 Maret 2020 tentang pembubaran orang berkumpul.

Sehingga jajaran Polda Sulteng secara reguler terus menerus melakukan operasi yang dimaksudkan untuk mencegah meningkatnya penularan virus covid-19 di wilayah ini.


Setidaknya sudah 255 kali dalam dua minggu berjalan jajaran Polda Sulteng mulai dari Polda, Polres dan Polsek melakukan pembubaran kumpulan orang sesuai yang dimaksudkan dalam maklumat Kapolri tersebut.

Kabidhumas Polda Sulteng, Kompol Didik Supranoto didamping Kasubdit Penmas Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari.

Mengingat masih rentannya penularan corona di wilayah ini sehingga pihak Kepolisian sendiri masih akan terus melakukan berbagai upaya termasuk himbauan dan penerangan kepada masyarakat salah satunya lewat patroli dialogis.

Bila ternyata masih saja ada yang membangkang maka polisi tidak main-main dan akan mengambil tindakan tegas untuk membubarkan kumpulan tersebut.

“Kegiatan kepolisian ditingkatkan dengan pelaksanaan patroli dialogis dan apabila ada kumpulan orang-orang dengan terpaksa akan dibubarkan,” jelas Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Polisi Didik Supranoto.

Dari 255 kali pembubaran yang dilakukan polisi selama ini, paling banyak didominasi oleh kumpulan anak-anak muda di tempat umum.

Selain kumpulan anak muda, juga ada pesta pernikahan dan kegiatan Workshop,rapat instansi yang tidak memperhatikan protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yang juga ikut dibubarkan Polisi.

Pembubaran massa terbanyak dilakukan jajaran Polres Palu yaitu 123 kali disusul Polres Donggala 27 kali dan Polres Parigi Moutong 26 kali.

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19 di daerah ini, pihak Kepolisian tak pernah jenuh mengingatkan agar masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah dan sebaiknya tidak keluar untuk sesuatu yang tidak penting.

“Kami terus bekerja, dan masyarakat bantulah dengan doa.Tetap di rumah saja untuk menekan penyebaran virus covid-19,” himbau Didik mengingatkan (Humas Polda Sulteng/NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here