Sejumlah Wilayah Poso Terdampak Banjir Bandang Akibat Hujan Semalam

0
938

POSO NP – Dampak hujan yang mengguyur Kabupaten Poso yang terjadi sejak Rabu malam (29/04), hingga Kamis pagi (30/04), hal ini menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir bandang.


Seperti yang terjadi di dalam Kota Poso, telah merendam puluhan pemukiman warga, yang berada tak jauh dari bantaran sungai Poso. Seperti yang terlihat di Kelurahan Sayo, kompleks PDAM Kelurahan Gebangrejo, kompleks pesantren Hidayatullah Gebangrejo, dan sekitar pemukiman warga pada ruas jalan
Pulau Tarakan Gebangrejo.

“Dalam Kota Poso, rata -rata meraka yang mengalami genangan air dari banjir bandang ini adalah rumah warga, yang berada tak jauh dari bantaran sungai Poso,” ungkap seorang warga di Kelurahan Sayo.

Begitu pun yang dialami oleh warga masyarakat yang berada di dua desa dalam Kecamatan Poso Pesisir Selatan, yakni Desa Tangkura dan Desa Betalemba.

Dari keterangan warga setempat, banjir bandang yang terjadi di Desa Tangkura akibat meluapnya anak sungai moko. Menyusul naiknya permukaan air sungai puna sekira 2 meter, sehingga luncuran air sungai moko jadi terhambat.

Sementara yang terjadi di Desa Betalemba, dampak meluapnya air, akibat drinase yang menujuh sungai kecil, yang ukurannya tidak lagi mampu menampung debit air, saat banjir bandang tiba.”Banjir seperti ini, sudah jadi langganan. Bukan hanya rumah yang terendam air, derasnya luapan banjir juga menutupi sebagian jalan raya.

Tak hanya banjir, hujan semalam suntuk juga telah mengakibatkan longsor di sejumlah tempat. Salah satunya di ruas jalan trans sulawesi antara Tagolu dengan Desa Sepe di Kecamatan Lage.

Akibatnya, arus lalu lintas kendaraan arah Poso-Ampana dan sebaliknya di alihkan ke jalur jalan provinsi Lawanga-Toyado.

Begitu juga yang terjadi longsor di sejumlah titik ruas jalan antara Desa Tangkura dengan Desa Sangginora, yang menghambat arus lalu-lintas kendaraan baik roda dua mau pun roda empat.

Sejauh pemberitaan ini, belum ada keterangan resmi dari pihak BPBD Kabupaten Poso terkait musibah banjir dan tanah longsor yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Poso.(NP06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here