Tokoh Masyarakat Poso Sesalkan DAS Bermain-Main Soal Keamanan Di Poso

0
419

POSO, Nuansapos.com – Tokoh Masyarakat Poso Rudy S.Pontoh menilai Bupati non aktif Kabupaten Poso Darmin Sigilipu (DAS) bermain-main soal keamanan di Poso. Hal itu terungkap saat Debat kedua Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso di Poso, Senin (16/11/2020).

“Saat ditanya oleh pasangan Verna-Yasin, Darmin bilang dia hanya bercanda akan naik ke Gunung Biru. Dia tidak serius. Bercanda itu kan Bahasa Betawi artinya main-main”

Kenapa soal keamanan Bupati Darmin bercanda. Ini yang kita sesalkan,” ujar Rudy, S Pontoh yang juga Ketua Umum Asosiasi Budidaya dan Bisnis Ikan Sidat Indonesia (ABBISI).

Rudy mengatakan, sekelas bupati semestinya tidak menjadikan aksi terorisme sebagai bahan candaan atau permainan. Sebab aksi terorisme telah menelan korban nyawa orang Poso yang tidak sedikit. “Pemimpin seperti Bupati Darmin kok bercanda, ini soal nyawa masyarakat Poso?,” tegas Rudy baru – baru ini.

Sebagaimana diketahui, pada sesi tanya jawab Debat Putaran Ke-2 Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso, Calon Bupati Verna Inkiriwang mempertanyakan janji Darmin untuk naik ke Gunung Biru, bila Satgas Tinombala gagal menangkap para teroris di sana.

“Bagaimana pendapat pasangan nomor urut 2, jika ada statement pemimpin daerah akan naik ke gunung atau bupati bila tidak selesai?” tanya Mantan Anggota DPR-RI tersebut.

Mendapat pertanyaan menohok tersebut, Darmin mengaku perna melontarkan pernyataan tersebut. Namun pernyataan tersebut tidak perlu dianggap serius. Sebab Darmin bilang dirinya hanya bercanda (bermain-main).

“Saya secara pribadi saat ini adalah bupati non aktif memang perna menyampaikan statement itu dalam arti apabila satuan satgas Tinombala  sesuai dengan rencana penyelesaiannya sampai dengan bulan Desember apabila itu tidak sampai selesai, kami secara bercanda bertanya apakah kami masyarakat Tanah Poso diijinkan untuk berpartisipasi membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di gunung biru itu,” ujar Darmin.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bercanda artinya bertingkah, berkelakar, bersenda gurau, dan berseloroh. Dalam pengertian lokal, bakusedu, bahumor, atau bermain-main saja. Dengan pernyataan ini, Das berarti mengingkari janjinya empat tahun lalu akan menuntaskan masalah keamanan di Poso.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here