100 Pekerja Konstruksi Ikuti Uji Sertifikasi di Dinas PUPR Morowali

0
668

Morowali NP – Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang (DBMPR) Prov.Sulteng menggelar kegiatan uji sertifikasi bagi 100 pekerja konstruksi di wilayah Kab.Morowali. Pelaksanaan kegiatan dilangsungkan dihalaman kantor dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (PUPR) Kab.Morowali (29/7).
Kepala Seksi Pemberdayaan Jasa Konstruksi DBMPR Sulteng Tri Asih di wawancara dilokasi kegiatan menuturkan
Uji sertifikasi yang digelar merupakan amanah UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, dimana setiap tenaga kerja yang bekerja di sektor konstruksi harus memiliki sertifikat kompetensi kerja.
Menurut Tri ada 100 peserta pekerja konstruksi yang mengikuti kegiatan uji sertifikat yang digelar di wilayah morowali.
“Peserta merupakan tenaga trampil bidang konstruksi untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja”, kata Tri.
Menurut Tri pelaksanaan uji sertifikasi yang digelar sejalan dengan nawacita Presiden Jokowi yang mengharapkan seluruh pekerja konstruksi di Indonesia sudah harus punya sertifikasi.
Dengan memiliki sertifikasi maka para pemegang sertifikasi wajib dipekerjakan di perusahaan jasa konstruksi dan akan diprioritaskan ketimbang yang tak punya sertifikasi.“Kalau pekerja konstruksi sudah bersertifikasi wajib di pekerjakan dan prioritas untuk dipekerjakan dibandingkan pekerja yang tak punya sertifikasi dibidang konstruksi”, Terang Tri.
Kadis PUPR Kab.Morowali Rustam Sabalio ST, MT yang dikonfirmasi membenarkan adanya pelaksanaan kegiatan uji sertikasi bagi 100 peserta pekerja konstruksi morowali untuk mendapatkan sertifikat kompetensi kerja bidang konstruksi.
“Iya kegiatan ini digelar untuk mendapatkan sertifikasi bagi pekerja bidang konstruksi, dengan begitu kita harapkan para pemegang sertifikasi nantinya mudah mendapatkan pekerjaan dibidang konstruksi”, jelas Rustam
Lanjut Rustam, sertifikasi kedepan merupakan hal penting yang harus dimiliki pekerja konstruksi dimana sertikasi menjadi syarat bagi pekerja konstruksi sesuai UU No 2 tahun 2017, tak ubahnya seperti SIM ketika mengendarai kendaraan.
Diakhir penjelasan Rustam menuturkan pelaksanaan kegiatan atas Kerja sama antara Balai Konstruksi Makasar wilayah VI dengan Dinas DBMPR Sulteng dan Dinas PUPR Morowali. TAR


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here