Bandar Udara Kasiguncu Tingkatkan Deteksi Dini Corvid-19 Masuk Poso

0
822

POSO NP – Bandar Udara (Bandara) Kasiguncu, bekerja sama dengan pihak kantor karantina pelabuhan (KKP) kelas III Poso, akhir -akhir ini semakin giat meningkatkan pendektesian dini bagi setiap penumpang pesawat yang baru tiba melalui bandara tersebut.

Langkah preventif (pencegahan.red) ini dilakukan guna menantisipasi masuknya virus corona (covid-19) di wilayah Kabupaten Poso, menyusul semakin meluasnya penyebaran virus mematikan ini dihampir semua wilayah di tanah air saat ini.


Upaya pencegahan yang dimaksud yaitu dengan melakukan tindak pemindaian dengan menggunakan mobile thermo gun yang dioperasikan oleh para petugas KKP Poso yang setiap hari standby di pintu kedatangan disaat jam pesawat tiba.

“Semenjak beredar kabar mewabahnya virus corona, kami bersama KKP Poso langsung melakukan upaya pencegahan dini yaitu pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap penumpang pesawat yang baru tiba di Bandara ini. Kami akan terus memantau dan meningkatkan pengawasan untuk menemukan ada atau tidaknya penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.
“ungkap pelaksana harian (Ph) Bandara Kasiguncu Andi Ruslan kepada pewarta Nuansa Pos, Senin (16/03/2020).

Hal tersebut dibenarkan oleh petugas KKP Kelas IIB Poso dr. Nursanti saat ditemui usai bertugas di Bandara Kasiguncu pada hari yang sama. Bahkan kata dia, pihaknya telah melakukannya sejak bulan Januari 2020, yang mewajibkan bagi setiap penumpang pesawat yang baru tiba untuk dipemeriksa suhu tubuhnya, dengan alat pemindai thermol gun, sebelum mereka melanjutkan perjalanan.

“Memang sejauh ini belum ada ditemukan penumpang pesawat yang terindikasi adanya salah satu gejala suspek virus Corona dengan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius,”terang Nursanti seraya menghimbau kepada setiap penumbang pesawat yang baru tiba di Bandara Kasiguncu, agar bersedia diri untuk diperiksa suhu tubuhnya sebagaimana standar operasional prosedur yang tengah diberlakukan.

Diketahui Bandara Kasiguncu yang berjarak sekira 15 kilometer dari pusat kota Poso, saat ini dilayani oleh maskapai Wings Air dengan pesawat jenis ATR-72 seri 600 dengan kapasitas 72 orang penumpang dengan rute sekali penerbangan Poso – Makassar dan Makassar – Poso, (NP06).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here