BNN Gagalkan Penyelundupan Ganja Lewat Mesin Kompresor

0
464

JAKARTA np – Anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar penyelendupan narkotika jenis ganja sebanyak 80 Kilogram, di dalam mesin kompresor di SDN 02 Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (8/8/2019).
Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan, barang haram tersebut disembunyikan dalam mesin kompresor, peti besi dan sejumlah tabung karbit berukuran besar yang telah dilas agar tak terendus polisi. Pelaku menyembunyikannya di sebuah bangunan yang dibuat seolah-olah bengkel.
“Kami temukan ada banyak peralatan bengkel, namun banyak yang tidak berfungsi dengan baik,” kata Arman Depari.
Kata Arman, ganja tersebut dibawa dari Aceh melalui jalur darat dengan menggunakan truk sayuran dan dimasukkan ke dalam peralatan bengkel, peti besi, dan juga tabung-tabung besar kompresor. Setelah sampai di Jakarta, ganja yang diduga sebanyak ratusan kilogram tersebut diturunkan di Pasar Induk Kramat Jati dengan menggunakan mobil pick up, dan kemudian dibawa ke sekolah itu.
“Rencananya akan dipindahkan ke rumah kontrakan dibelakang sekolah,” sambungnya.
Hingga saat ini, BNN menyita ganja 80 Kg dari empat tabung yang sudah dibuka dengan dibantu Dinas Pemadam Kebakaran, diperkirakan masih ada ratusan kilogram di dalam tabung yang saat ini masih berlangsung diupayakan untuk dibuka.
Dari kasus tersebut, BNN telah menangkap empat orang. Berdasarkan introgasi yang dilakukan terhadap salah satu tersangka, mereka melakukan aksinya dengan dibantu oleh seorang napi di Lapas Cirebon.
“Tujuan peredaran adalah Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini upaya membuka tabung masih berlangsung,” pungkasnya. (oke)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here