Demo Koalisi Masyarakat Unsongi ke MBN Hasilkan Kesepakatan, Ini Isinya

0
191

MOROWALI Nuansapos.com- Aksi Demo yang digelar sejumlah masyarakat Desa Unsongi, Kec.Bungku Timur, Kab.Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Unsongi (KMU) ke PT.Mineral Bumi Nusantara (MBN), menghasilkan kesepakatan yang ditandatangani masing-masing pihak.

Kesepakatan tersebut tercapai, setelah dilakukannya pertemuan antara pihak PT.MBN dengan perwakilan KMU, yang dihadiri Kapolsek & Danramil Bungku Tengah/Bungku Timur, Kasat Intelkam Polres Morowali, Kades Unsongi serta sejumlah warga Unsongi. Bertempat di Aula warung pantai Puluti Desa Lahuafu, Selasa (03/08/2021).

Dalam pertemuan tersebut yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan di kantor MBN menghasilkan dua poin kesepakatan yakni:

1. Kegiatan blasting atau peledakan akan tetap dilaksanakan dengan jaminan bahwa pihak PT. MBN akan lebih memperhatikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

2. Pihak MBN dan koalisi masyarakat Desa Unsongi saling menjamin keamanan masyarakat dan seluruh aktifitas PT. MBN.

“Dua point Kesepakatan ini di tandatangani oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Koalisi masyarakat Unsongi pak Amrin dan humas MBN wilayah Unsongi Pak Abd.Manaf,” Terang Kepala Tehnik Tambang (KTT) MBN Muhdar ST, kepada wartawan ini via WhatsApp, Rabu (04/08/2021).

Sebelumnya, KTT MBN ditempat pertemuan kepada sejumlah wartawan menegaskan akan patuh dengan kesepakatan yang sudah dibuat bersama. Karena kehadiran MBN dari awal di dua desa yakni, Desa Lahuafu dan Unsongi punya komitmen bisa berdampak positif terhadap kesejahteraan warga dan meminimalisir dampak yang timbul akibat aktifitas tambangnya.

Begitu pun, terhadap insiden yang terjadi baru-baru ini telah diselesaikan dengan masyarakat lingkar tambang perusahaan termasuk kepada warga Desa Lahuafu yang terlebih sudah dilakukan pertemuan dan menghasilkan kesepakatan yang hampir serupa dengan Desa Unsongi.

“Terhadap dua Desa tersebut, kami sudah buat kesepakatan bersama dan insyaAllah kedepan MBN ini akan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pantauan media ini, aksi demo berjalan aman dan damai yang dikawal langsung aparat Polsek Bungku Tengah dan Polres Morowali. Begitu pun dalam pertemuan yang digelar, para peserta yang hadir menggunakan protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here