Ditengah Pendemi Covid-19, Dukcapil Poso Sediakan 5 Line Nomor Whatsapp Loket Pelayanan Publik

0
88

POSO, Nuansapos.com – Walau ditengah pendemi Covid-19, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil ( Dinas Dukcapil) Kabupaten Poso, sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) layanan publik, tetap memberikan pelayanan seperti biasanya, bagi setiap warga masyarakat yang hendak berurusan terkait penerbitan e-KTP, Kartu Keluarga, Akte dan sejumlah administrasi kependuduan lainnya.

Hanya saja, guna menghindari meluasnya virus Covid-19, Dinas Dukcapil Kabupaten Poso, yang berada di bilangan jalan Pulau Timor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota ini, tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes), diantaranya dengan menyediakan tempat mencuci tangan, menjaga jarak duduk dan mewajib menggunakan masker bagi siapa saja, saat telah berada dilingkungan kantor dinas tersebut.

Bukan hanya itu saja, dari hasil pantauan pewarta media ini, ada satu metode baru bagi mereka yang hendak mendapatkan pelayanan oleh pegawai Dukcapil sesuai kebutuhannya, yakni dengan membuka 5 line nomor WhastApp loket pelayanan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Poso Dra Sophia Purajouw M.AP melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Fikkry A Mardjun S.STP. M.Si pada saat diminta keterangannya mengatakan bahwa metode ini sudah diberlakukan pada April 2020 silam atau semenjak virus Corona mulai diwaspadai penularannya hingga saat ini.

“Lakah atau metode ini dibuat tak lain bertujuan untuk mencegah banyaknya orang berkumpul sekaligus terjadinnya penularan virus corona dan ini sudah diberlakukan semenjak Awal bulan April 2020, mengingat intansi ini adalah salah satu instansi layanan publik tatap muka, sementara untuk mencegah penularan virus ini, salah satunya harus menghindari tatap muka, sehingga solusinya kita harus cari, tanpa mengabaikan fungsi layanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Fikkry saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (08/01/2021).

Fikkry juga mengakui bahwa adanya 5 line nomor WhastApp loket pelayanan Dukcapil Kabupaten Poso, telah sesuai arahan dan petunjuk dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. “Jadi, apa yang kami terapkan ini telah sesuai petunjuk, agar disetiap kantor Dukcapil agar membuka layanan publik secara online.” akunya.

Hanya saja memang ucap Fikkry menambahkan kalau pihaknya hingga kini belum memiliki Applikasi layanan sebagaimana yang dimaksud dan sebagai penggantinya, berdasarkan petunjuk dan kesepakatan, maka dibuatlah layanan publik melalui nomor WhatsApp, seperti yang ada saat ini.

“Saat ini masyarakat pengguna WhatsApp melalui gadget sudah sangat banyak, tersebar disetiap pelosok daerah ini. Sehingga dinilai lebih mudah menjangkau masyarakat tanpa mereka harus ke kantor Dukcapil, tetapi kebutuhannya bisa terpenuhi semua,” terangnya, seraya kembali menjelaskan bahwa masyarakat tinggal mengUpload semua persyaratannya di nomor WhatsApp yang disediakan.

Ke 5 nomor WhatsApp loket pelayanan yang dimaksud yakni pertama 0852-5647-6759 untuk Kartu Keluarga / Keterangan Pindah. Kedua 0852-5647-6778 untuk Akte Kawin / Cerai. Ketiga 0852-5647-6779 untuk Akte Lahir / Mati. Keempat 0852-5647-6732 untuk KTP dan 0852-5647-6766 untuk pengambilan.

“Sejauh penerapannya, kami juga banyak didukung oleh para Kades yang membantu warganya untuk mengUpload persyaratan yang dibutuhkan, melalui gadget miliknya.” ungkap Fikkry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here