Kebutuhan Tidak Berimbang, Puskesmas Wuasa Butuh Tambahan Dokter

0
816

POSO NP – Pelayanan kesehatan masyarakat di ibu kota Kecamatan Lore Utara, Wuasa belum berimbang.

Dokter yang ada di wilayah itu masih jauh jumlah jika dibandingkan dengan banyaknya pasien yang harus ditangani.Hanya ada 2 dokter yang melakukan pelayanan di Puskesmas tersebut sementara untuk pelayanan masalah gigi yang juga dominan menjadi persoalan kesehatan diwilayah itu hanya ditangani oleh satu perawat saja.


Kondisi ini kadang-kadang membuat pelayanan di Pusat Kesehatan (Puskesmas) di Wuasa menjadi kurang maksimal dan bahan sorotan masyarakat.

Penguatan pelayanan kesehatan lewat program Nusantara Sehat dimana harusnya memiliki 1 tim sebanyak 8 orang petugas medis yang terdiri dari dokter gigi, perawat, bidan, tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian, dan tenaga kesehatan masyarakat di wilayah itu belum berjalan sesuai yang sudah disosialisasikan kepada para bupati oleh pemerintah pusat.

“Bagaimana pelayanan bisa maksimal kalau dokter cuma 2 orang sementara yang harus dilayani banyak,” sergah sejumlah warga seragam.

Tentang pelayanan yang hanya ditangani oleh 2 dokter, Kepala Puskesmas Lore Utara, Wati Gae kepada Nuansa Pos yang menjambangi di ruang kerjanya Sabtu (11/1) membenarkannya.”Memang betul pelayanan kami disini hanya ditangani oleh 2 dokter yang bekerja secara shift atau bergantian,” jelasnya.Namun demikian, menurut Wati pihaknya selalu bersusaha agar pelayanan di Puskesmas yang dipimpinnya itu bisa terlayani secara maksimal.”Walaupun cuma punya dua dokter tapi kami selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi pelayanan sesuai kemampuan berdasarkan asas pelayanan standar yang berlaku,” timpalnya.

Disinggung soal program Nusantara Sehat menurut Wati sementara diupayakannya. Menurut dia, kekurangan dokter di Puskesmasnya sudah dilaporkan dan mendapat respon dari bupatinya.”Kami sudah dipanggil dan ditanya apa kebutuhan kami disini. Dari semua yang dipanggil rata-rata mengatakan kekurangan dokter dan ini sudah direspon bupati, tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya (NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here