Konsultan ADB Pertanyakan 5,6 Triliun Dana Bantuan Bencana Pasigala

0
139

PALU, Nuansapos.com – Konsultan Asean Development Bank (ADB), Mr. Mikel mempertanyakan dana bantuan ADB senilai Rp6,5 Triliun untuk bencana Pasigala (Palu, Sigi, dan Donggala) pada 2018 silam.

Sebab menurutnya, secara kasat mata terlihat daerah Pasigala sampai saat ini masih banyak korban berada di selter-selter pengungsian.

Konsultan ADB itu mengaku heran dan mempertanyakan dana sebesar itu apakah sudah dihabiskan atau masih belum disalurkan.

Sehingga Mikel harus menyampaikan
apa yang ia saksikan sendiri saat mengunjungi lokasi selter pengungsian beberapa hari terakhir kepada Gubernur terpilih, H. Rusdy Mastura, di Lapangan Vatulemo, usai olahraga, Minggu (31/01/2021).

Saat berbincang di pertemuan tanpa disengaja itu membuat Gubernur Terpilih Rusdy Mastura tidak dapat berkata banyak.

Bung Cudy begitu panggilan akrabnya, hanya meminta orang yang mendengar keluhan Mr.Mikel untuk bisa membantu memberikan jawaban.

“Ada apa seorang konsultan keheranan dan menanyakan bantuan dana triliunan,” sebut bung Cudy heran.

Fitri Kennedi Mastura sebagai translator (Penerjemah) perbicangan tersebut, terus mencercah pertanyaan atas kegundahan Mr. Mikel yang diketahui berkebangsaan Belanda itu. Bahkan menurut penilaiannya masih begitu lesu roda perekonomian di wilayah Pasigala, khususnya Kota Palu.

Dana ratusan milyar rupiah untuk penanggulan pasca bencana alam pasigala sampai saat ini semakin tidak jelas. Terbukti tidak sedikit para penerima bantuan semakin merana.

Apakah para pelakunya yang mengurus uang ini telah kehilangan hati nurani kemanusiaanya sehingga tega memakan hak saudara – saudaranya sendiri, yang tengah dalam kesusahan akibat bencana.

Semoga Presiden Jokowi bisa segera mengetahui semua persoalan ini dan memberikan solusinya. Berharap, pihak penegak hukum untuk segera mengusut adanya dugaan penyelewengan aliran
dana bantuan ADB senilai Rp 6,5 Triliun untuk bencana Pasigala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here