KPU Gelar Bintek Silon Pencalonan Perseorangan Pilkada Poso 2020

0
584

POSO NP – KPU Kabupaten Poso, kembali menggelar satu  tahapan Pilkada 2020.

Kali ini berupa Bimbingan Teknis (Bintek) Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan atau Silon dan Penyampaian PKPU nomor 18 tahun 2018 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Walikota. Pertemuan yang yang digelar pada Jumat (27/12) diruang pertemuan KPU Poso itu menghadirkan sejumlah sejumlah Liaison Officer (perwakilan/penghubung.red) dari bakal calon perseorangan.


Dalam keterangan kepada sejumlah wartawan, Ketua KPU Poso, Budiman Maliki mengatakan penyelenggaraan Bimtek tersebut dilakukan agar terdapat kesepahaman penyelenggara dalam menginterpretasi regulasi dan pelaksanaan tahapan pencalonan perseorangan Pilkada di tahun 2020 mendatang.

Mengingat  adanya perubahan-perubahan mendasar dari aspek teknisnya semisal  penyederhanaan penggunaan formulir, isian formulir, mekanisme pengajuan dokumen syarat minimal dukungan dan sebaran serta metode verifikasi administrasi dan faktual yang berbeda dari pemilihan sebelumnya.

“Bintek, sekaligus sosialisasi kepada para LO atau perwakilan calon perseorangan mengenai aplikasi Silon, dimana didalamnya juga menyangkut soal tatacara peng-inputan data dari para pendukung yang ditujukan bagi bakal calon perseorangan yang dimaksud. Para LO ini, selain aplikasi, mereka juga nantinya akan diberikan kunci masuk atau password,” jelasnya.

Selain itu kata Budiman, giat tersebut juga untuk mengedukasi bagi para LO perwakilan bakal calon perseorangan agar tidak terjadi kesalahan pada saat memasukan data berupa KTP-e pendukung ke dalam aplikasi Silon yang telah disediakan  KPU.

Menjawab pertanyaan Nuansa Pos, diakui Budiman Maliki dirinya sempat di datangi 3 orang LO yang berkonsultasi dan mempertanyakan soal syarat minimal dukungan, untuk meloloskan perwakilan mereka apabila nanti akan melalui jalur perseorangan.

“Untuk menjadi bakal calon perseorangan Pilkada 2020 syarat minimal dukungan  sebanyak 14.724 orang. Harapannya dengan aplikasi Silon  bisa  membantu dn memudakan kerja tim terutama saat menginput data dukungan,”ucap Budiman  seraya menambahkan, pihaknya memberikan waktu selama 5 hari terhitung mulai tanggal 19 Februari 2020 hingga tanggal 23 Februari 2020 sebagai batas akhir penyerahan syarat minimal dukungan bagi bakal calon peserta perseorangan Pilkada Poso 2020 yang dimaksud. (NP06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here