Natal di Wilayah Penyanggah Perkebunan Sawit Poso dan Seputar Gunung Biru Sigi Sulawesi Tengah, Kondusif

0
531

 


Poso NP – Walaupun bulan kemarin sempat di warnai aksi terorisme yang menyebabkan 1 anggota Subden 3 Batalion A Pelopor Satbrimob Polda Sulteng  bernama Saeful  tewas di  tembak kelompok MIT Sulawesi Tengah pimpinan Ali Kalora, namun perayaan Natal 25 Desember 2019 dan menjelang tahun baru 2020 di Sulteng terbilang aman dan kondusif.

Kapolres sigi, AKBP Andi Batara Purwacaraka, SH, SIK daalam sebuah instruksi persiapan pengamanan Nataru (Natal Tahun baru) 2019/2020.  

Hampir tidak tidak ada gangguan menonjol baik secara fisik maupun lewat berita-berita Hoax yang terdengar dan beredar di tengah masyarakat.

Pos-pos layanan (Posyan) dan Pengamanan (Pospam) gabungan TNI/Polri dan Pemerintah Daerah yang ditempatkan di hampir sejumlah pertigaan dan ruas jalan serta di titik-titik yang dianggap rawan juga berjalan secara dinamis sesuai protap yang berlaku.

Himbauan Kapolri Jendral Polisi, Idham Azis yang disampaikannya lewat Polda hingga Polres dan Polsek-polsek yang menekankan pelayanan dan patroli serta razia  yang humanis dialogis ternyata mempan dan tidak menimbulkan gesekan,  baik ditingkat akar rumput maupun pada tataran yang berada di atasnya.

 

Bukti  kondusifnya perayaan Natal 2019 juga  dapat dilihat lewat pantauan Nuansa Pos pada sebuah jamuan ibadah gereja yang dilaksanakan di pedusunan Kanisa Labuadago, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso Minggu (29/12).

Pelayanan ibadah bertema ‘Hiduplah Sebagai Ibadah Bagi Semua Orang’ yang dipimpin Pdt. Yustina Baretha, S.Th itu berjalan khusuk tanpa dihantui isu atau hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas pelayanan ibadah di wilayah tersebut.

Kondisi aman kondusif seperti yang dirasakan jemaat Kanisa Labuadago itu sendiri juga ikut dirasakan oleh semua gereja-gereja yang ada di Sulawesi Tengah.

Sementara konfirmasi Kamtibmas dari Polres Sigi lewat Ps. Paur Humas, Bripka Trisutrisno, SH juga menyatakan secara umum tidak ada gangguan menonjol yang terjadi di wilayah tersebut. “Selang waktu tanggal 23 Desember atau sejak giat operasi lilin Tinombala 2019 dilaksanakan hingga hari ini (Minggu, 29) situasi keamanan di Kabupaten Sigi kondusif,” jelas Tri sapaan akrabnya lewat  balasan WatsAap yang dikirimnya kepada Nuansa Pos Minggu (29/12) (NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here