KPU Poso Gelar Sosialisasi Pengaturan Penyusunan Dan Pemutahiran Data Pemilih Pilkada 2020

0
191

Poso, Nuansapos.com – KPU Poso menghadirkan perwakilan partai politik, tokoh masyarakat dan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan serta jurnalis dalam sebuah kegiatan Sosialisasi Pengaturan Penyusunan Dan Pemutahiran Data Pemilih, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso tahun 2020, dimasa Pendemi Covid-19, Sabtu (25/07/2020).

Dalam giat tersebut, pihak KPU Poso menghadirkan anggota Komisioner KPU Provinsi Sulteng Bidang Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan SDM, Sahran Raden sekaligus sebagai pemateri utamanya.

Sahran Raden dalam pemaparan materinya antara lain menjelaskan bahwa tahapan pengaturan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih ini merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pilkada. Sehingga dipandang penting untuk disosialisasikan sekaligus dijelaskankan khususnya kepada partai politik pengusung bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada serentak 09 Desember 2020 mendatang.

“Maka jika tahapan ini bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan selanjutnya juga akan sangat terganggu dan kwalitas produk pemilu yang dihasilkannya pun akan dipertanyakan,” jelasnya seraya menegaskan bahwa dalam proses pemutakhiran data ini, KPU sebagai penyelenggara Pemilu telah melundungi hak-hak konstitusional dan hak politik warga negara untuk memilih.

Bahkan menurutnya, pemutakhiran data pemilih kegiatan penting untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pemilu atau pemilih terakhir yang telah dimutakhirkan oleh KPU kabupaten/kota dibantu oleh PPK, PPS dan PPDP dengan mempertimbangkan DP4.

“Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih ini sebagai langkah dalam memberikan jaminan warga negara terdaftar sebagai pemilih tanpa diskriminasi. Jaminan tersebut melingkupi kemudahan untuk terdaftar sebagai pemilih dan mengetahui data pemilih tersebut serta memperbaiki elemen data di daftar pemilih,” tuturnya.

Sementara Ketua KPU Poso, Budiman Maliki optimis tahapan pemutakhiran data yang saat ini tengah dilaksanakan oleh anggota PPDP akan selesai tepat waktu, sebagai mana yang telah direncanakan. Dan pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak dapat terlaksana di Kabupaten Poso pada 09 Desember 2020 mendatang.

“Olehnya pada kesempatan hari ini KPU Poso bersama KPU Provinsi Sulawesi Tengah akan menyampaikan beberapa materi terkait pemutakhiran data pada Pilkada serentak tahun 2020 agar apa yang diharapkan bersama dapat terwujud,” ucapnya.

Pantauan pewarta media ini, tampak hadir pula dalam giat tersebut mendampingi Ketua KPU Poso, perwakilan dari TNI, Polri, Kesbangpol dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Poso.

Selain itu, juga dihadiri empat anggota Komisioner KPU Poso dan utusan dari Bawaslu Kabupaten Poso. Dan dalam giat tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here