Kurangi Angka Stunting, Dinkes Parimo Segera Menyalurkan Obat Cacing Serentak

0
537

PARIMO NP – Pemerintah darrah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong bulan depan akan menyalurkan obat cacing secara serentak kepada murid di Sekolah dan Posyandu.
“Insya Allah bulan Agustus 2019, Dinkes Parigi Moutong memberikan obat cacing serentak kepada semua sekolah dan Posyandu,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong Wulandari Marasobu SKM MAP kepada media ini, Kamis (25/7/19).
Kata Wulandari, Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) untuk jenis obat Cacing dilaksanakan selama dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus tahun berjalan.
“Biasanya pemberian obat cacing kepada anak hanya dikomsumsi 1 tahun sekali, namun kali ini dikonsumsi 2 kali dalam setahun,”ujarnya.
Konsumsi obat cacing kata Wulandari diberikan 2 kali setahun untuk mencegah terjadinya Stunting bagi tumbuh kembang anak.
Kemudian, obat cacing akan dibagi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, selanjutnya disalurkan ke Sekolah Dasar (SD), Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) / Taman Kanak Kanak (TK) dan Posyandu yang tersebar di Wilayah Kabupaten Parigi Moutong.
“Dinas Kesehatan menyalurkan obat cacing ke Sekolah Sekolah bersamaan dengan pemberian Vitamin A,”tegasnya.
Obat cacing akan diberikan kepada anak usia 1-12 tahun, dengan takaran dosis usia 1-5 tahun setegah tablet 200ml, dan 5-12 tahun 1 tablet 400ml. (NP2)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here