Peluang Bebas Terdakwa Noberial Semakin Lebar

0
746

Palu NP – Walaupun masih harus melalui beberapa kali persidangan lagi namun peluang bebasnya terdakwa tindak pidana korupsi Alat Kesehatan (Alkes) Kabupaten Poso TA 2013 yang menyeret Noberial Marthen Salmon, SKM yang saat berlangsungnya kegiatan berlaku sebagai PPTK di Dinas Kesehatan Poso sudah bisa terbaca lewat persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Ernawati Anwar, SH yang di gelar di PN 1 Palu Senin (6/1) kemarin.

Dugaan merugikan keuangan negara lewat penerimaan bonus atau diskon dari pihak penyedia barang dan distributor yang selama ini disangkakan kepadanya ternyata tidak ada.


Dua saksi, Triaji Baskoro Direktur PT. Karya Pratama sebagai penyedia barang dan Sugondo selaku Direktur PT. Enseval Putera Megatrading yang di tanya Majelis Hakim semakin menguatkannya.

Suasana diluar persidangan Alkes RSUD Poso di PN 1 Palu yang ikut menyeret Noberial Marthen Salmon, SKM  TA 2013

Menurut pengakuan keduanya, pemahaman bonus atau diskon hingga 40 persen dari harga barang yang selama ini menjadi salah satu materi dalam dakwaan JPU itu sebenarnya bukan terletak pada selisih barang yang kemudian diduga mengalir ke PPTK Noberial Marthen Salmon, SKM.

Diskon harga yang dimaksud itu sendiri menurut keduanya adalah diskon atau penurunan harga yang ditetapkan oleh perusahaan ke bagian marketingnya  yang hanya berlaku dalam areal menajemen penjualan dalam perusahaan itu sendiri. “Tidak ada diskon yang dikasikan kemana-mana, itu adalah diskon di dalam perusahaan saja,” ungkap Sugondo yang kemudian di aminkan oleh Triaji Baskoro saat persidangan berlangsung.

Terseretnya nama Salmon  dalam pusaran kasus itu sendiri sebenarnya bermula dari hasil penyidikan yang dilakukan Kejati Sulteng dimana Salmon dalam perannya merupakan PPTK di Dinkes Poso pada pelaksanaan proyek pengadaan alat kedokteran, kesehatan dan KB yang dianggarkan melalui APBN Tahun 2013 dan  dikerjakan oleh PT. Enseval Putera Megatrading (Tbk) senilai Rp13.478.327.000.

Selain Salmon masih ada 2 orang terdakwa lain yang saat ini ikut menjadi pesakitan dan ditahan dalam 2 Rutan yang berbeda yakni staf RSUD Poso Amran dan Dra. Surida sebagai PPTKnya.

Selain Salmon, Amran dan Surida masih ada beberapa tersangka lain yang tidak menutup kemungkinan akan dinaikan statusnya menjadi terdakwa yakni mantan Dirut RSUD Poso, DjM, Perantara  atau pelaksana perusahaan pemenang tender, LA dan sejumlah nama lainnya (NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here