Polres Sigi, TNI AD dan Satuan Lain Siap Amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

0
494

 

Palu NP – Untuk meningkatkan sinergitasnya dan memberikan rasa aman dan nyaman saat perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 01 Januari 2020.


Polres Sigi bersama satuan pasukan gabungan TNI AD, Pol PP dan Dinas Perhubungan menggelar Apel  Operasi Lilin Tinombala 2019 yang dilaksanakan di Mapolres Sigi pada Kamis (19/12) kemarin.

Wakapolres Sigi, Kompol Paulus Morik sebagai pemimpin upacara dalam arahan yang dikutipnya dari pesan yang disampaikan Kapolri, Drs. Idham Azis, M.SI mengatakan.

Secara nasional, operasi di penghujung tahun 2019 tersebut akan dilaksanakan selama 10 hari terhitung sejak Senin, 23 Desember 2019 hingga Rabu, 1 Januari 2020 yang difokuskan di 191.807 titik dan melibatkan 121.358, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel dari instansi terkait yakni dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan di 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu.

Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang akan di antisipasi, yakni terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, 4 konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil diminta bersinergi untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Untuk keberhasilan operasi itu sendiri kepada seluruh jajaran gabungan di himbaunya mengikuti sejumlah kiat sebagai pedomannya antara lain menjaga kesehatan tubuh pribadi, serta meniatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.  Yang kedua memastikan semua personil hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Ketiga melakukan deteksi dini dengan memetakan titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Keempet melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. Kelima memantapkan kerjasama sinergi, dan solidaritas antar pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Sebelum menutup arahannya Kapolri melalui Wakapolres tak lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi Lilin 2019 dengan harapan semoga apa yang telah diabdikan dalam pelaksanaan tugasnya dapat menjadi catatan dan amal dan ibadah di hadapan TYME.

Khusus kepada semua jajarannya yang ada di Mapolres Sigi Kapolres Sigi lewat Wakapolres meminta agar semua personilnya menjalankan tugas sesuai tanggungjawabnya masing-masing.

Sementara TNI/AD yang diwakili Perwira Penghubung Kabupaten Sigi Kodim 1306 Donggala, Mayor Tomi Herijanto dalam arahannya mengatakan bahwa pengamanan natal dan tahun baru merupakan tugas semua pihak termasuk seluruh masyarakat Sigi khususnya.

Oleh karena itu dimintanya agar semua pihak  ikut berpartisipasi dan menjaga situasi dan kondisi dalam pelaksanaan natal tahun baru ini. Herijanto juga tak lupa mengingatkan agar mewaspadai kondisi cuaca yang akhir-akhir ini terjadi di Sigi. Oleh karena itu dimintanya agar tidak lalai dan selalu meningkatkan kewaspadaan, keamanan dan sinergitas.

“Kepada seluruh jajaran saya minta untuk selalu waspada dan melaksanakan tugas sebagai amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Gelar pasukan itu sendiri dirangkaikan dengan pemusnahan  barang bukti hasil pengungkapan target operasi pekat Tinombala 2019 berupa ratusan liter minuman keras jenis cap tikus, topi miring, bir hitam  dan jenis tuak atau saguer(NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here