Seorang Warga Desa Patiwunga Hilang Terseret Sungai Puna

0
730

POSO NP – Dengan menggunakan satu unit perahu karet, tim gabungan BPBD – PMI Pemda Poso melakukan upaya pencarian terhadap seorang pria 34 tahun, warga Desa Patiwunga Kecamatan Poso Pesisir Selatan, bernama Mekson Meode yang hilang terbawah arus sungai Puna, pada Minggu sore (03/04/2020), sekira pukul 16.00 wita.

Pantauan pewarta media ini, upaya pencarian itu, juga turut dibantu oleh sejumlah aparat TNI/Polri bersama puluhan warga masyarakat desa setempat dengan cara menyisir beberapa titik pinggiran sungai puna, yang saat itu lagi dalam kondisi meluap atau banjir, akibat curah hujan deras, yang terjadi beberapa hari belakangan ini, disekitar wilayah kecamatan tersebut.


Hanya saja, upaya pencarian yang hampir memakan waktu sekira dua jam itu, belum juga membuahkan hasil. Hal ini terkendala kondisi sungai cukup deras dan hari kian semakin gelap. Sehingga semua aktifitas pencarian dihentikan untuk sementara waktu.

Disekitar lokasi kejadian, Kepala Desa Patiwunga Kostandi Toheba pada pewarta nuansapos.com saat dikonfirmasi membenarkan upaya pencarian warganya yang hilang, untuk sementara waktu, dihentikan.

“Karena kondisi sudah tidak memungkinkan lagi, baiknya upaya pencarian ini, akan kami dilanjutkan pada esok hari. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, apalagi hari semakin gelap,”imbunya.

Terkait kronologis peristiwa tersebut terjadi, Kostandi menuturkan bahwa dirinya bersama sejumlah perangkat desa dibantu beberapa warganya saat itu tengah melakukan upaya perbaikan pipa air bersih milik desa, disekitar bibir sungai puna, yang jaraknya sekira pukuhan meter dari lokasi kejadian.

“Saya saat itu bersama teman – teman perangkat desa dan berapa warga sedang memperbaiki pipa air. Warga saya yang hanyut ini, memang tidak bersama kami saat itu. Nanti sudah kejadian baru saya tahu, ada orang hanyut,”akunya.

Dari keterangan beberapa warga setempat, Mekson atau yang akrab disapa Mey, awalnya lagi bersama beberapa temannya lagi bersantai disatu tempat tak jauh dari sungai puna. Entah kata apa yang menyulut keberaniaannya, sehingga yang bersangkutan bersama seorang rekannya melakukan aksi nekat seberangi sungai.

“Mungkin karena melihat temannya berhasil sampai ke seberang, sehingga dia juga berani menyusul. Padahal saya sudah peringatkan tapi dia tidak perduli, langsung buka baju dan celana panjangnya,”unkap sumber keterangan yang enggan disebut identitas dirinya.

Terpisah, Kapolsek Poso Pesisir Selatan Iptu Jufri Lawendatu, menambahkan pasca menerima laporan terkait adanya warga hanyut, dirinya bersama sejumlah anggotanya langsung turun lapangan, turut terlibat lakukan pencarian sekaligus tindak pengawasan disekitar lokasi kejadian.

“Sudah cukup maksimal pencarian hari ini, karena belum ada hasil, tentunya tetap akan dilanjutkan besok hari dan kami tetap akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa maupun instansi terkait yang terlibat dalam pencarian ini,”ucapnya.

Mekson atau Mey ini, diketahui pria bujangan, dan kesehariaannya selain bertani juga sebagai seorang sales air mineral di sekitar wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan dan tergolong supel dalam bergaul.(NP06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here