Presiden Jokowi Ingin Penyaluran Bansos Dipercepat, Minggu Ini Semua Diterima

0
556

JAKARTA NP – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belum puas dengan proses penyaluran bantuan sosial (bansos) dan ingin agar lebih dipercepat lagi.

“Saya tadi pagi sudah mendapatkan laporan dari Pak Menko PMK mengenai PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT dana desa sudah berjalan,” ujarnya saat membuka rapat terbatas, Senin (4/5/2020), melansir detikfinance.


Orang nomor satu di Indonesian ini, akui belum puas atas laporan tersebut. Bahkan dia ingin seluruh jenis bansos harus sudah sampai di tangan penerima dalam minggu ini juga.

“Tetapi saya minta kecepatan agar bansos ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima semakin baik. Saya minta minggu ini sudah semuanya sudah bisa diterima,” tegasnya.

Dirinya menginstruksikan mulai dari Menteri Sosial Juliari Batubara, para gubernur, bupati, wali kota, camat hingga kepala desa agar turun ke lapangan. Mereka diminta untuk menyisir penyaluran bansos.

“Saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah. Agar kalau ada warga yang miskin yang belum dapat segera bisa dicarikan solusinya,” tuturnya.

Jokowi juga meminta jajaranya agar membuka data penerima bansos secara transparan. Dia tak ingin muncul kecurigaan dalam penyaluran bansos.

“Saya juga minta data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa. Sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa melakukan segera koreksi di lapangan,” tegasnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here