Tuntas Tepat Waktu, Program TMMD ke-111 Kodim 1311/Mrw Resmi Ditutup

0
123

MOROWALI nuansapos.com- Pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021 Kodim 1311/Mrw telah resmi ditutup. Kegiatan ini terbilang sukses, karena dari target waktu pekerjaan selama satu bulan terhitung sejak 15 Juni 2021-14 Juli 2021 dapat tuntas tepat waktu.

Peresmian penutupan TMMD Kodim 1311/Mrw ditandai dengan upacara penutupan sekaligus penyerahan hasil kegiatan TMMD dari Kodim 1311/Mrw ke Pemda Morowali, bertempat di Aula Kesatria Kodim 1311/Mrw (14/07/2021).

Kegiatan dihadiri Bupati Morowali yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ir. Rizal Badudin, Dandim bersama Kasdim 1311/Mrw beserta sejumlah jajarannya, Wakapolres Morowali, perwakilan Kejari Morowali, Kadis PUPR, Rustam Sabalio, ST, MT, beserta tiga Kades dari Kec.Menui Kepulauan yang jadi titik sasaran TMMD Kodim 1311/Mrw, dan undangan lainnya.

Dansatgas TMMD ke-111 Tahun 2021 sekaligus Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf. Raden Yoga Raharja dalam sambutannya menutup kegiatan mengatakan bahwa kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Tanona, Desa Tanjung Harapan dan Desa Tanjung Tiram Kecamatan Menui Kepulauan bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik sehingga masyarakat dapat merasakan langsung kehadiran pemerintah serta memantapkan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

“Selain dari pada itu, pelaksanaan program TMMD sejalan dengan Visi Pemerintah yakni membangun indonesia dari pinggiran. Untuk itu, sasaran TMMD fokus pada daerah-daerah terpencil yang relatif kurang tersentuh pembangunan,” Terang perwira TNI dua bunga dipundaknya itu.

Lanjutnya, bahwa kegiatan Ini juga sebagai refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa indonesia untuk membangun negeri bersama rakyat dengan kemanunggalan TNI sebagaimana tema TMMD tahun 2021 yakni “Sinergi Membangun Negeri”.

Diakhir sambutannya, tak lupa Dandim 1311/Mrw menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan TMMD ke-111 Tahun 2021.

‘’Saya selaku Dansatgas TMMD ke-111 Tahun 2021, sekaligus Dandim 1311/Mrw dan penanggung jawab keberhasilan operasi TMMD ke-111 di Wilayah Kodim 1311/Morowali, Korem 132/Tdl, Kodam XIII/Mdk, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh Satgas TMMD beserta seluruh masyarakat Morowali,’’ Ucap Dandim sekaligus menutup kegiatan TMMD ke-111 Tahun 2021.

Sementara itu Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TMMD Letda Agung G, dalam laporannya menyampaikan Pembangunan fisik pelaksanaan kegiatan TMMD ke-111 Tahun 2021 yang berlangsung selama satu bulan atau 30 hari terhitung sejak tanggal 15 Juni-14 Juli 2021 meliputi, pembukaan jalan dengan jarak 8.510 M Lebar 9 M yang menghubungkan 3 Desa yakni jalan penghubung Desa Tanjung Harapan dengan Desa Tanjung Tiram sepanjang 2.919 M dengan lebar 9 M berhasil 100 persen. Pembangunan jalan penghubung Desa Tanjung Tiram menuju SP3 sepanjang 2.06 M, Lebar 9 M selesai 100 persen, Pembangunan jalan penghubung Desa Tanjung Harapan menuju Desa Tanona sepanjang 2.685 M, lebar 9 M selesai 100 persen.

Pembangunan 5 Unit duicker plat semi permanen, ukuran 3 M X 5 M dan pembangunan 5 Unit jembatan semi permanen ukuran 6 M X 5 M selesai 100 persen.

Untuk pelaksanaan kegiatan non fisik diantaranya, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, Penyuluhan pelayanan kesehatan, sosialisasi stunting, posyandu dan pos Bindu PTM, serta pelayanan KB kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan pendidikan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan keagamaan, penyuluhan perikanan, penyuluhan lingkungan hidup, pembagian sembako gratis, penyuluhan bencana alam, penyuluhan terorisme dan paham radikalisme, penyuluhan pencegahan Covid-19, penyuluhan kegiatan PKK dan penyuluhan kehutanan, semua terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, semua program TMMD ke-111 Tahun 2021 Kodim 1311/Mrw, baik fisik maupun non fisik dapat tuntas tepat waktu,” terangnya.

Pantauan media ini, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol kesehatan. Diakhir acara, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyerahan hasil TMMD ke-111 Tahun 2021 dari Dandim 1311/Mrw ke Asisten I Pemda Morowali.

Ditempat yang sama, Kades Tanjung Harapan, Bakar, yang diwawancara sejumlah wartawan berharap agar pembangunan pembukaan jalan yang telah dilaksanakan Satgas TMMD Kodim 1311/Mrw, ditindaklanjuti Pemda Morowali pembangunannya.

“Kami atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Tanjung Harapan berharap kepada Pemda Morowali untuk segera menindaklanjuti pembukaan jalan yang telah dilaksanakan Satgas TMMD, dengan melakukan pengerasan jalan sehingga jalan tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan sebagaimana tujuan pembangunanannya,” harapnya.

Tak lupa disampaikannya, rasa terimakasih tak terhingga kepada seluruh Satgas TMMD Kodim 1311/Mrw yang telah menumpahkan segenap jiwa raga sehingga pembukaan jalan menghubungkan antar Desa Tanjung Harapan, Desa Tanona dan Desa Tanjung Tiram dapat terlaksana sesuai harapan.

“Terimakasih kepada segenap Satgas TMMD Kodim 1311/Mrw, setelah 70 tahun lebih Indonesia merdeka baru saat ini kami bisa nikmati jalan darat antar Desa sebagai akses transportasi beraktivitas, termasuk anak-anak kami untuk pergi ke sekolah. Mudah-mudahan semua kebaikan yang telah ditabur, menuai balasan dari NYA,” ucap Kades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here