Wabup : Jangan Sampai Kecolongan, Kades Harus Transparan Soal DD / ADD

0
218

Wartawan NP : Sumardin Husain

PARIMO, nuansapos.com | Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) tentang Pengelolaan Keuangan Desa melalui Aplikasi Siskeudes (sistem keuangan desa) versi 2.0.2 mengatakan bahwa pengelolaan DD/ADD harus berhati-hati.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para oknum Kepala desa telah menjadi tersangka oleh karena kecolongan dalam mengelola Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) akibat tidak transparan dengan perangkat desa.

Demikian pernyataan Wakil Bupati ketika membuka bimtek pengelolaan keuangan desa yang berlangsung di Hotel THS Parigi dan di ikuti kepala desa dan operator keuangan desa berjumlah 617 peserta bimtek.

Wabup berharap agar para sekretaris desa dan kaur desa yang dipercayakan mengelola dana desa untuk selalu berhati-hati dan jangan lagi dipreteli ketika menyusun program desa.

“Silahkan buka dihadapan masyarakat, sampaikan kepada masyarakat bahwa dana desa sekian jumlahnya. Kalau perlu masyarakat diundang rapat untuk membahas dana desa. Mungkin saja ada masyarakat yang memberikan buah pikirannya dalam upaya membantu mempercepat pembangunan yang ada di desa”, kata Wabup.

Orang nomor dua di Parimo ini menghimbau kepada para pemerintah desa, agar banyak-banyak berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, instansi terkait seperti PMD dan Pemerintah Provinsi, sehingga dalam mengambil tindakan untuk membangun desa yang menggunakan anggaran desa tidak kecelongan dan aman dari pemerikasaan Inspektorat dan BPK, urainya.

Wabup berharap kiranya Kadis PMD saat membuat kegiatan seperti ini untuk bisa menghadirkan Pemerintah Kecamatan dalam hal ini adalah Camat. Ini sangat penting agar para Camat bisa menerima ilmu terkait pengelolaan dana desa yang baik dan terabdet.

“Jangan jadikan jabatan Kepala desa sebagai lapangan pekerjaan, tetapi jadikan jabatan itu sebagai ladang amal bagi kita” ungkap Wabup dengan nada humornya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here