5 Tokoh Berjasa Dibalik Sejarah Mal Tatura Hingga Pembangunan Pasar Bertaraf Internasional di Palu

0
896

Palu NP – Pembangunan kembali Mal Tatura Palu (MTP) yang nantinya akan berubah nama menjadi New Tatura Mal (NTM) dimana nantinya akan menjadi pusat perbelanjaan bertaraf internasional, ternyata tidak terjadi begitu saja melainkan melalui sebuah proses panjang dan melibatkan sejumlah Tokoh-tokoh penting didalamnya.

Berdasarkan catatan redaksional sedikitnya ada 5 tokoh berjasa dibalik pembangunan pusat perbelanjaan itu antara lain mantan Walikota Palu, Basso Lamakarate (alm), Suardin Suebo, Bung Rusdy Mastura, Hidayat Lajaya, Maman Supratman. Selain ke 5 Tokoh tersebut, 2 Tokoh lain yang tak kalah penting lainnya Karman Karim  dan Rony sebagai Direksi yang dalam catatan dianggap sangat  berjasa memajukan Mall Tatura dimana keduanya punya andil dan terlibat langsung melakukan perjanjian pertanggungan Asuransi Gempa Bumi dan Allrisk  senilai Rp 91 M hingga pencairan Rp 86.384 M (Setelah dipotong resiko sendiri dan inventaris yang tidak rusak).


“Kita tidak boleh melupakan sejarah demikian pula dengan sejarah berdirinya Mal Tatura Palu hingga pencairannya. Itu punya sejarah dan melibatkan Tokoh-tokoh berjasa dan mereka itu adalah almarhum walikota mantan Walikota Palu, Basso Lamakarate (alm), Suardin Suebo, Bung Rusdy Mastura, Hidayat Lajaya, Maman Supratman,” ungkap Direktur PT Citra Nuansa Elok (CNE) pengelola MTP, Mohammad S La anto, S.Ag yang akrab di sapa Memet kepada Nuansa Pos Minggu, (24/11) kemarin.

Masih menurut Memet, selain ke 5 Tokoh tersebut masih ada 2 Tokoh lain yang tak kalah penting dalam sejarah tersebut yakni Karman Karim  dan Rony sebagai Direksi yang dalam catatan dianggap sangat  berjasa memajukan Mall Tatura dimana keduanya punya andil dan terlibat langsung melakukan perjanjian pertanggungan Asuransi Gempa Bumi dan Allrisk  senilai Rp 91 M hingga pencairan Rp 86.384 M (Setelah dipotong resiko sendiri dan inventaris yang tidak rusak).”Kedua orang itu, Pak Karman dan Pak Rony juga tidak bisa dilupa. Mereka ini sangat berjasa terutama dalam proses perjanjian hingga pencairan asuransinya,” pungkasnya.

Pembangunan gedung baru peralihan dari Mal Tatura Palu itu sendiri nantinya akan  menggunakan SNI terbaru yang terdiri atas 2 ruang parkir bawah tanah ditambah 1 lantai dasar dan empat lantai ke atas (NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here