Kapolda Sulteng Silaturahmi ke PB Alkhairaat…! Begini Pembahasannya

0
622

Sumber : Bidhumas Polda Sulteng

PALU, nuansapos.com | Menghadapi tantangan tugas tahun 2020 yang cukup komplek terutama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dan permasalahan terorisme di Poso, Kapolda Sulteng mengunjungi Pengurus Besar Alkhairaat di Jalan Sis Aljufri Kota Palu, Rabu (5/2)


Silaturahmi Kapolda Sulteng Inspektur Jenderal Polisi Drs. H. Syafril Nursal, SH, MH didampingi beberapa Pejabat utama Polda Sulteng diterima langsung Ketua Umum PB Al’khairaat Habib Ali bin Muhammad Aljufri didampingi Sekretaris Umum MUI Sulteng Dr. H. Sofyan T. Bachmid, Rektor Universitas Alkhairaat Dr. Umar Alatas, S.Psi, M.Si, Dr. Mohammad Agus Rahmat pengurus masjid Darusslam Palu dan Imam Masjid Jami’ Palu Habib Mohsen bin Ali Alhabsyi, Lc.

Kabidhumas Polda Sulteng Komisaris Besar Polisi Didik Supranoto mengatakan tujuan silatturahmi Kapolda Sulteng kepada PB Alkhairaat Palu disamping sebagai pejabat Kapolda Sulteng yang baru juga untuk memohon doa dan dukungan PB Alkhairaat sebagai ormas Islam terbesar di Sulawesi Tengah dalam memimpin Polda Sulteng terutama ada beberapa agenda yang akan dihadapi selama tahun 2020.

Pertama memohon doa dan dukungan PB Alkhairaat dalam menghadapi pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Sulawesi Tengah sehingga dapat berlangsung aman dan kondusif terutama di daerah rawan seperti Kabupaten Banggai dan Kabupaten Poso.

Kedua mengharap adanya kerjasama dengan Alkhairaat dalam menyelesaikan permasalahan terorisme di Poso dengan melaksanakan program deradikalisasi, dkarenakan masalah terorisme sampai saat ini belum selesai sehingga ada keengganan negara luar masuk ke Sulteng karena menganggap belum aman karena masih dikaitkan dengan daerah konflik Poso.

Ketiga dari pihak Alkhairaat menyampaikan bahwa sekitar bulan Maret 2020 akan menyelenggarakan Muktamar Alkhairaat ke XI di Kota Palu dan berencana untuk menhadirkan Presiden RI guna membuka Muktamar tersebut, dimana surat permohonan sudah diajukan kepada Sekretaris Militer Presiden, sehingga diharapkan Polda Sulteng dapat melakukan pengamanan selama acara berlangsung.

Selain tiga poin besar diatas juga terdapat beberapa harapan yang menjadi perbincangan antara Kapolda Sulteng dan Habib Ali bin Muhammad Aljufri yang berlangsung santa, serius dan penuh keakraban, dimana silaturahmi tadi berlangsung kurang kurang lebih 1,5 jam,” tutup Didik.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here