Monyet Hantu Ditemukan di Donggala

0
1894

“Keempatnya sempat tertegun dan tak percaya terhadap apa yang mereka saksikan dan tiba-tiba muncul dalam pandangan mereka”

Donggala NP –  Pemandu wisata alam Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah bernama Kasman dan 3 orang tamu, Christopher Tjahjadi, Ben Tjahjadi dan Cynthia Sasongko sontak kaget dan tak menyangka akan bertemu dengan seekor primata saat melakukan perjalanan lintas alam di sebuah kawasan hutan sekunder yang ada di wilayah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.


Ketiganya sempat tertegun dan tak percaya terhadap apa yang mereka saksikan dan tiba-tiba muncul dalam pandangan mereka.

Salah satu jenis Tarsius yang pernah ditemukan tidak se ‘manis’ Tarsius yang ditemukan Kasman di Donggala 

 

Awalnya mereka mengira itu adalah seekor tikus atau burung malam yang sedang bertengger tidur di atas sebuah dahan. Namun setelah diamati secara seksama binatang itu ternyata adalah hewan primata bernama Tarsius yang dikalangan para ahli dan masyarakat dikenal dengan sebutan Monyet Hantu disebabkan karena ukuran badannya yang kecil dengan bola mata besar serta dapat memalingkan lehernya hingga 360 derajat.

“Saya juga kaget dan mengira yang kami lihat itu adalah burung atau tikus namun setelah kami amati ternyata itu adalah Tarsius atau yang umum dikenal dengan sebutan Monyet hantu,” cerita Kasman kepada Nunasa Pos Jumat (15/11).

Kasman dalam sebuah kegiatan pemanduan wisatawan asing di Taman Nasional Lore Lindu.

Temuan Kasman dan tamunya itu sendiri tak ayal telah ikut menggemparkan dunia para pemandu wisata yang ada di Sulawesi Tengah khususnya dan yang ada di Indonesia umummnya.

 

Primata temuan Kasman dan tamunya jauh lebih manis dibanding dengan Tarsius yang pernah ditemukan di Poso.

Tarsius Donggala itu ternyata unik dan kelihatan manis jika dibandingkan dengan jenis yang ada di daerah-daaerah lain termasuk yang pernah di temukan di Poso dan pulau Togean Tojo Una-Una.

“Lihat saja sendiri bagaimana perbedaannya, dan ini hanya ada di Donggala,” jelas Kasman yang berencana akan meneruskan penemuannya ke lembaga penelitian khusus yang tau pasti tentang spectrum dan para ahli berkelas dunia lainnya (NP05)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here