Peringati Hari Pers Nasional, Pimpinan Lentera Pena Serukan Persatuan Pers Melawan Oligarki Kekuasaan

0
398

Palu, Nuansapos.com – Jurnalis merupakan profesi mulia, dimana dalam keseharianya, seorang wartawan berjibaku dalam memburu berita. Kemudian diolah dan disajikan kepada masyarakat melalui karya jurnalistiknya.

Seorang wartawan dalam melakukan pekerjaanya, dilindung undang-undang. Dalam artian, kebebasan pers dijamin oleh peraturan yang berlaku.


Memperingati hari Pers yang jatuh pada 09 Februari 2020 ini, pimpinan Lentera Pena, Mohamad Sofyan menyerukan agar terlepas dari sistim Oligarki atau bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya efektif dipegang oleh kelompok elit politik.

Kepada media ini, Rabu (9/2/2022) Mohammad Sofyan mengatakan, saat ini Indonesia sedang berada pada situasi semakin kokohnya kekuasaan segelintir orang atau oligarki dalam dunia politik ataupun pemerintahan.

Menurutnya, Oligarki saat ini secara terbuka telah mengangkangi cita-cita para pendiri bangsa. Sebagimana ruh dari pancasilah juga secara jelas melawan penindasan serta explorasi sumber daya alam yang di lakukan oleh segelintir elit yang berkuasa. Secara terstruktur melakukan penindasan terhadap manusia.

“Untuk itu, Pers sebagai salah satu penyambung lidah rakyat, harus memposisikan diri sebagai gerbong perjuangan rakya yang Independen dalam menyuarakan kebenaran,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here