PT.CBP Nyatakan Dokumen Perijinan Tambangnya Lengkap

0
45

 

Morowali NP
Perusahaan tambang PT.Cetara Bangun Persada (PT.CBP) yang terletak di Desa Lalampu Kec.Bahodopi Kab.Morowali Prov.Sulteng, ternyata segala dokumen perijinan tambangnya lengkap.

Hal tersebut terungkap setelah Direktur PT.CBP Sasmito melalui Kepala Teknik Tambang (KTT) Cendy Herdiana, membeberkan dan menunjukkan sejumlah bukti dokumen perijinan tambang dimaksudkan kepada sejumlah Wartawan (02/01/2021).

“Selama ini perusahaan kami (PT.CBP) di issukan, bahkan dituding tidak memiliki dokumen perijinan tambang yang lengkap dalam melakukan aktivitas. kami nyatakan hal tersebut tidak benar, yang benar adalah perusahaan kami sudah mengantongi segala dokumen perijinan tambang sebelum melakukan aktivitas,” Terang Cendy sambil menunjukkan satu persatu semua bukti dokumen perijinan dimaksudkan.

Misalnya saja lanjut Cendy, soal ijin Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) dan Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) yang dikatakan bahwa PT.CBP tidak punya tapi sudah berani melakukan pengiriman Our.

Hal tersebut tidak benar, sebelum melakukan pengiriman Our sudah terlebih dulu mengurusnya ke Pemerintah Dinas ESDM Sulteng dan melengkapi semua ijin dokumen dimaksudkan karena itu merupakan persyaratan mutlak untuk dapat melakukan pengiriman Our.

“Kami tidak akan mungkin berani melakukan pengiriman Our kalau persyaratan tersebut tidak terpenuhi, karena itu merupakan perintah UU Pertambangan dan sangat berkonsekwensi hukum bila tak dipenuhi,” Jelasnya.

Dikatakannya, jika masih ada pihak-pihak yang meragukan keterangan yang diberikan dipersilahkan untuk melakukan crosscek langsung ke Pemerintah, apakah pernyataan yang diberikan benar atau hanya mengada-ada.

Bahkan, sebagai bukti kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku PT.CBP sudah mengurus RKAB Tahun 2021 dan sudah mendapat pengesahan dari Pemerintah dalam hal ini Dinas ESDM Prov.Sulteng.

“Yang pasti, PT.CBP patuh dan tunduk terhadap semua regulasi/peraturan hukum yang berlaku, karena itu merupakan komitmen kami dalam menjalankan aktivitas tambang,” Ucapnya mantap.

Begitupun soal Dokumen ijin lingkungan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL-UKL) semuanya lengkap, yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kab.Morowali.

Dan pada setiap triwulan, PT.CBP membuat laporan lingkungan yang langsung dipantau dan dicek DLHD Morowali, turun langsung dilokasi untuk melihat kondisi lingkungan yang ada serta menindaklanjuti dan melaksanakan hal-hal yang direkomendasikan.

“Soal lingkungan dan hal-hal yang direkomendasikan DLHD, kami langsung tindaklanjuti termasuk untuk pembuatan TPS B3 serta pembuatan tanggul dipinggir jalan poros, dan hal tersebut kami sudah tuangkan dalam RKAB 2021,” Imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here