PT Lambang On Progress Lahan Warga Bermasalah di Trans Lanona Morowali

0
361

MOROWALI, Sulawesi Tengah- PT Lambang Agro perusahaan perkebunan sawit di Morowali, saat ini sudah On Progress selesaikan lahan Warga Transmigrasi yang bermasalah di Desa Lanona, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali.

Permasalahan lahan yang selama ini menjadi polemik antara PT Lambang Agro vs Warga Transmigrasi Desa Lanona, akan segera menemui titik terang setelah mendapatkan jawaban dari Menagement Pusat PT Lambang Agro di Jakarta.


“Kita sudah On Progress Lahan Warga Trans Lanona yang bermasalah itu, sudah ada jawaban langsung dari Management kami dari pusat,” terang 01 PT Lambang Agro Said Morowali Boy Silitonga kepada Wartawan media ini diruang kerjanya, Jumat (03/02/2023).

Perkembangan saat ini, kata Boy Silitonga telah ada surat dari Management Pusat di Jakarta, dengan No. Surat: 001/HO-JKT/CITRA/2023, Perihal: Lahan Lanona Overlap Transmigrasi, yang diterbitkan pada 6 Januari 2023.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan hasil pengukuran lahan dan sumber peta Trans Lanona dari BPN setempat terdapat areal yang overlap dengan blok tanam PT Citra dengan total luas 15,44 hektar, dengan rincian pemilik lahan sebanyak 29 KK.

“Jadi, kalau sebelumnya hanya 24 KK pemilik lahan yang bermasalah ternyata ada ketambahan 5 KK. Sehingga jumlah keseluruhan ada 29 KK, dengan total lahan bermasalah seluas 15,44 Ha, dimana masing-masing luas lahan itu berbeda-beda ukurannya,” jelas Manager PT Lambang Agro itu.

Berdasarkan petunjuk Management Pusat, lanjut Boy Silitonga ada 2 solusi yang akan di tawarkan kepada warga Trans Lanona yang lahannya bermasalah yakni Sistem Plasma dan ganti Untung.

Dari 2 tawaran solusi tersebut, dalam waktu dekat direncanakan akan diadakan pertemuan terlebih dulu dengan 29 Warga yang tercantum namanya sebagai pemilik lahan bermasalah itu untuk membicarakan solusi yang akan diputuskan.

“Jadi, dalam waktu dekat ini kita akan agendakan pertemuan dengan warga. Kita optimis permasalahan lahan ini akan terselesaikan dengan baik,” pungkasnya optimis.

Untuk diketahui, sebelumnya PT Lambang Agro bernama PT. Cahaya Idola Tunggal Rona Alam (PT CITRA), namun dalam perjalanannya PT CITRA itu berganti kulit menjadi PT Lambang Agro.

(PATAR JS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here