RCM: Bupati DAS Jangan Keseringan Polisikan Warga Poso

0
1433

JAKARTA NP — Tokoh Muda Poso Rizal Calvary Marimbo menyayangkan langkah Bupati Poso Darmin Sigilipu yang kerap mempolisikan warganya sendiri. Tindakan ini berpotensi menimbulkan rasa takut dan ketidaknyamanan di masyarakat.
“Saya kira, sebagai pemimpin sipil, mesti bijak. Bapak Bupati jangan sedikit-sedikit mempolisikan warganya sendiri. Ini preseden buruk. Sudah keliling dunia ke mana-mana, baru juga saya temukan. Ini tentu akan menimbulkan rasa takut bagi warga untuk melakukan otokritik ke pemerintah setempat,” ujar Rizal kepada Nuansa Pos, Sabtu (21/3).

Rizal juga mengatakan, sebagai pengayom masyarakat, Bupati semestinya lebih banyak mengayomi warganya sendiri.”Kalau sedikit-sedikit polisi. Ya nanti masyarakat malah takut kepada pemimpinnya sendiri, bukan segan,” ucap dia.


Ditegaskannya, saat ini sudah sekitar empat warga Poso dan dua dari luar Poso yang dipolisikan. Totalnya, terdapat enam orang. “Kebanyakan datang mengeluh dan meminta perlindungan ke saya di pusat. Saya akan bantu semampu saya. Sebab bagaimana pun mereka warga Poso. Orang tidak berdaya, kasihan juga, mereka itu sakompo (saudara-saudara) semua,” ucap Rizal.

Lebih lanjut Rizal mengatakan bahwa sejauh ini dirinya belum menemukan Bupati di Indonesia yang paling banyak mempolisikan warganya, selain di Poso. “Kasus terakhir saudara Dedy Todongi dan Novran Pakinde dipolisikan lagi. Ngkai-Ngkai dari kampung banyak yang telpon ke saya. Minta anaknya saya lindungi. Kalau keseringan saya kira akan menjadi aksi kriminalisasi Bupati terhadap warga sendiri. Ini rekor nasional. Salah-salah bisa rekor ini bisa tercium media nasional,” ucap pria yang akrab disapa RCM ini.

Dikatakannya, warga Poso bisa tertekan dan semakin jauh dari pemimpinnya. “Bisa juga warga yang ditekan akan membawa barang bukti dugaan tindakan asusila pemimpinannya sendiri baik ke Mendagri maupun ke Bareskrim Mabes Polri. Kan warga yang dipolisikan tak akan tinggal diam, di era sekarang akses masyarakat bisa ke mana-mana, termasuk ke Presiden,” papar Rizal.

Dikatakannya, kalau bukan Bupati yang melindungi warga Poso, terus siapa lagi. “Mereka datangnya, minta perlindungan jauh-jauh ke saya di Jakarta. Tentu dengan kekuatan saya akan saya beri perlindungan. Itu amanat dari ngkai-ngkai dan orang-orang tua kita ri lipu. Sesama warga Poso dan Pamona saling melindungi, sintuwu maroso,” pungkasnya (NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here