Unik, Pemuda Tampan Ini Mampu Membuat Tas Berbahan Kulit Rumput dan Buah Kayu

0
1939

Poso NP – Kreasi Dani Taenggi alias Utan warga Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso patut diacungkan jempol.

Karyanya luar biasa, dia bisa merajut kulit rumput liar sebagai sebuah kerajinan tangan yang mampu di olahnya dalam berbagai macam bentuk seperti tas, cincin, kalung dan gelang-gelangan.Buah tangan dan kerajinan pemuda tampan usia 26 tahun ini sebenarnya bisa di eksploitasi dan menjadi bahan eksport tidak hanya ke luar daerah namun bisa pula menembus hingga ke dunia mancanegara.


Sayangnya buah karya pemuda hanya menjadi bancakan Pemerintah Daerahnya sendiri.Hasil karyanya hanya dimanfaatkan secara temprorer atau hanya saat dibutuhkan saat akan mengikuti lomba atau sebuah festival, tidak ada pengembangan atau pendampingan hingga penjualan yang bisa diupayakan oleh pemerintah daerahnya.

“Kalau ada kegiatan baru saya di suruh bikin tapi habis itu tidak ada lagi nanti tunggu ada acara berikutnya baru di panggil lagi,” ujarnya

Walaupun sikap Pemdanya seperti itu, pemuda penyuka petualang dan tergabung dalam sebuah organisasi pencinta alam itu tidak patah semangat.

Kepada Nunasa Pos yang menemuinya Jumat (3/1) dia tetap optimis dan tetap akan membuat serta mempertahankan karya-karyanya tersebut. “Biar saja tidak apa-apa, saya tetap akan terus membuat dan mengembangkan karya-karya saya, karena ini adalah  sebuah seni yang dapat menyenangkan hati saya,” pungkasnya (NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here