1 Kades dari 3 Desa Termiskin di Poso Akui Alami Krisis Irigasi dan SDM

0
329

“Akibat kondisi irigasi yang tidak memadai membuat penduduk desa yang hampir sebagiannya adalah petani itu mengalami kesulitan apalagi di musim kering seperti sekarang ini”

Palu NP – Berita mengejutkan tentang temuan 3 desa termiskin Sulawesi Tengah ternyata ada di Poso secara tidak langsung ikut diamini Amir Serema  sebagai Kepala Desa dari salah satu desa  yang masuk dalam daftar temuan tersebut.

Kepada Nuansa Pos yang menghubungi lewat telepon genggam, diakuinya jika selama ini desa yang dipimpinnya itu memang mengalami sejumlah krisis, 2 diantaranya kata Serema adalah soal irigasi dan Sumber Daya Manusia.

Akibat kondisi irigasi yang tidak memadai membuat penduduk desa yang hampir sebagiannya adalah petani itu mengalami kesulitan apalagi di musim kering seperti sekarang ini.

“Kalau irigasi memang kami masih kurang apalagi di musim kering masyarakat tidak bisa bersawah karena mau ambil air darimana,” jelas Serema dari balik telepon genggamnya Senin (2/11) kemarin.

Selain irigasi, satu hal yang tidak kalah pentingnya tambah Sarema adalah soal SDM dimana masih banyak anak-anak yang putus sekolah sementara untuk penamatan alumnus sarjana hampir tidak ada dan bilapun ada masih bisa dihitung dengan jari.”Masalah sosial yang kami rasakan di kampung ini adalah soal anak-anak yang putus sekolah, entah karena pengaruh lingkungan atau apa yang pasti banyak betul anak-anak yang masih SMP sudah berhenti dan tidak mau melanjutkan pendidikannya lagi,” pungkasnya (NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here