6 Hakim Pindah Tugas ke Sulteng, Jabatan Ketua PN Palu Berpindahtangan

0
293

PALU NP – Berdasarkan Hasil TPM (Tim Promosi Mutasi) Mahkamah Agung RI  Tanggal 11 Maret 2020,  6 orang Hakim dipindah tugaskan ke Sulawesi Tengah.

Keenam Hakim tersebut masing-masing, Suhendra Saputra, SH,MH dari Hakim Poso menjadi Hakim di Pengadilan Negeri  Palu kemudian Anthonie Spilkam Mona, SH dari PN Bitung, Yakobus Manu, SH dari PN Selong, I Ketut Darpaw AN, SH dari Situbondo, Panji Prahistoriaw AN Prasetyo, SH dari Watampone dan Mahir Sikki ZA, SH.

Sementara posisi Ketua Pengadilan Negeri (PN)  Palu yang sebelumnya dijabat Hj. Sukmawati, SH, MH saat ini digantikan oleh Wakilnya, Marliyus MS, SH, MH.

Akan halnya Hj. Sukmawati, dia dipindahtugaskan sebagai Wakil Ketua di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Marliyus sendiri tidak menampik berita tersebut.”Ia berdasarkan TPM saya ditunjuk menjadi ketua sementara Ibu Sukmawati ke PN Jakarta Timur,”  ujarnya kepada wartawan yang menemuinya di PN Palu, Selasa (17/3) kemarin.

Ditanya kapan kira-kira pelantikannya, dikatakannya masih menunggu penetapan namun menurut perkiraannya sekira 2 bulan kedepan. “Tunggu SK tapi biasanya dua bulan,” tukasnya.

Terhadap keenam orang Hakim yang dipindahtugaskan ke PN Palu diharapkannya dapat menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus meringankan beban bagi pelayanan pencari keadilan di PN yang akan dipimpinnya tersebut.”Harapannya yah bisa mengurangi beban, dengan banyaknya hakim kita bisa punya waktu dan pertimbangan yang cukup sebelum mengambil keputusan bagi mereka yang mencari keadilan disini,” harapnya.

Soal demonstrasi massa tanggap Marliyus adalah hal yang wajar dan pasti diterimanya sepanjang hal itu dilakukan dengan tertib dan tidak anarkis.”Orang berdemo karena ada sesuatu yang tersumbat dan pasti saya terima sepanjang itu tertib dan tidak anarkis,” ujarnya diplomatis.

Marliyus juga berjanji akan mengaktifkan Press Room Pengadilan sebagai sarana dan ruang yang dapat digunakan oleh para kuli tinta yang biasa melakukan peliputan di PN Palu tersebut.”Nanti akan kita buka ruang pressroom untuk para wartawan yang biasa melakukan peliputan di sini,” tutup mantan Ketua Pengadilan Negeri Wates Daerah Istimewa  Yogyakarta dan penerima anugerah sebagai Tokoh Pelopor Perubahan pada Lingkungan Mahkamah Agung  RI Tahun 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB-RI) sebelum melanjutkan aktiftasnya memimpin jalannya persidangan Selasa (17/3) kemarin (NP05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here