Bertahun-Tahun Diabaikan Kondisi Jalan Wuasa – Doda Bikin Tambah Masyarakat Sengsara

0
865

“Selain kondisi jalan yang longsor akibat hujan, akses jalan menuju wilayah itu juga sangat berbahaya  apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke daerah itu. Selain terdapat banyak jalan yang bolong-bolong, sepanjang kiri kanan jalan itu juga dipenuhi semak belukar yang menyebabkan jalanan semakin sempit dan menghalangi pandangan pengendara”


POSO NP – Program pembangunan yang adil dan merata seperti yang di amanatkan Sila ke 5 Pancasila dan UU 45 belum sepenuhnya bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di wilayah Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Jalan penghubung menuju ke wilayah itu masih sangat sulit dilalui apalagi jika sudah di guyur hujan yang walaupun tidak berlangsung lama namun pasti bikin jalan di wilayah itu longsor dan tidak bisa dilalui baik oleh sepeda motor maupun jenis kendaraan roda 4.

Bukan baru satu dua kali terjadi, tak sedikit dari warga yang sedang menuju atau hendak balik dari Lore Tengah terjebak di tengah jalan dan mau tidak mau harus menahan dingin dan lapar karena tertahan longsor atau terjerembab di dalam kubangan lumpur yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut.

Ironisnya  kondisi ini sudah berlangsung sejak lama namun seolah-olah di biarkan terjadi dan tidak ada tindakan dari pemerintah daerahnya.

“Kondisi seperti ini sudah berlangsung  lama dan luput dari perhatian pemerintah daerah Poso’” ungkap warga seragam.

Selain kondisi jalan yang longsor akibat hujan, akses jalan menuju wilayah itu juga sangat berbahaya  apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke daerah itu. Selain terdapat banyak jalan yang bolong-bolong, sepanjang kiri kanan jalan itu juga dipenuhi semak belukar yang menyebabkan jalanan semakin sempit dan menghalangi pandangan pengendara.

“Kalau sopir yang baru pertama kali ke sana sebaiknya hati-hati, salah-salah bisa celaka dan jatuh ke jurang. Jalanannya parah dan hampir tidak pernah tersentuh pemarasan,” tambah warga.

Sementara Kepala Dinas PU Provinsi Sulawesi Tengah, Saifulah  Djafar yang dikonfirmasi Nuansa Pos membenarkan, jalan tersebut merupakan tanggungjawab Pemerintah Daerah Poso .

“Oh jalan Kabupaten, ruas Wuasa – Doda” sanggah Saifulah lewat balasan WA yang dikirimnya kepada Nuansa Pos Jumat (28/2) lalu.

Dibagian terpisah, Bupati Poso Darmin Sigilipu yang berusaha dikonfirmasi terkait kondisi itu tidak memberikan respon. Pesan singkat yang dikirim media ini lewat aplikasi WhatsAapnya tidak bersedia di balasnya (NP05)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here