Dibangun Ulang Mall Tatura Palu Telan Anggaran Rp 350 Miliar dan Serap 800  Tenaga Kerja  

0
281

PALU NP – Pembangunan ulang Mall Tatura Palu yang runtuh akibat bencana alam 28 September 2018 silam terhitung sejak Kamis (20/2) kemarin sudah mulai dilaksanakan yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Palu, Drs. Hidayat  yang ikut  disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT. Citra Nuansa Elok, Muhammad S La Anto sebagai pengelola serta  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda dan undangan lainnya.

Sesuai planning awalnya, pembangunan Mall Tatura Palu yang saat ini sudah berganti nama menjadi New Tatura Mall (NTM)  akan dibangun dengan jumlah 7 lantai terdiri atas lantai dasar,  2 ruang parkir bawah tanah ditambah 4 lantai ke atas.

Sesuai estimasi anggaran yang sudah di paparkan oleh Direktur PT. Citra Nuansa Elok, Muhammad S La Hanto di DPRD Kota Palu Rabu (19/2).

Direktur CNE, Muhammad S La Hanto saat pemaparan di gedung Dekot Rabu (19/2) lalu.

Pembangunan Mall Tatura Palu itu sendiri akan menelan dana Rp 350 milyar  atau mendekati sepertiga dari jumlah APBD Kota Palu 2019 yang berkisar di angka 1,2 triliun rupiah, dimana penyerapannya di ambil dari penggantian asuransi Rp 86 Milyar sementara sisanya akan ditambah dari pinjaman kerjasama dari salah satu Bank yang ada di Kota Palu.

Konsultan dan tenaga ahli pembangunan konstruksi New Tatura Mall

Sedikit jauh berbeda dengan Mall Tatura Palu yang sudah runtuh, New Tatura Mall Palu ini nantinya akan menjadi gaya hidup (lifestyle) masyarakat Sulteng dan pusat perbelanjaan terlengkap yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga, aksesoris serta  ikut dilengkapi dengan  gallery budaya yang menampilkan foto-foto para pendahulu atau pahlawan yang dianggap  berjasa bagi daerah Sulawesi Tengah khususnya.S

ementara Wali Kota Palu Drs. Hidayat dalam sambutan  yang dibawakannya saat peletakan pertama di lokasi pembangunan mengatakan.

Gempa, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di wilayahnya sudah mengakibtakan berbagai kerusakan di segala aspek seperti  rusaknya fasilitas umum dan sosial termasuk gedung Mall Tatura Palu.

Untuk itu Pemerintah Kota Palu sangat mengapresiasi atas rencana pembangunan New Tatura Mall sebagai pengganti Mall Tatura Palu yang sudah runtuh tersebut.

Harapannya New Tatura Mall  nantinya bisa menjadi kebanggaan masyarakat sekaligus pendorong usaha ekonomi masyarakat  kecil yang ada di  Kota Palu khususnya.

Kondisi NTM saat ini

Seperti yang sudah di sampaikan oleh Direktur Utama CNE di hadapan anggota Dekot Palu sebelumnya, pengerjaan proyek NTM Palu itu di targetkan selesai dalam waktu 18 bulan yang nantinya juga akan ikut menyerap pekerja dan tenaga teknisi hingga 800 orang yang di ambil dari seputaran Palu.

“Kita akan menerima karyawan dari setiap kelurahan yang ada di Kota Palu. Kita juga akan mengutamakan karyawan yang sebelumnya telah bekerja di MTP,” ungkap Memet demikian sapaan akrab Muhammad S La Anto usai kegiatan peletakan batu pertama berlangsung (NP05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here