Proyek Air Bersih Milyaran Rupiah di Petirodongi Poso Mubazir

0
2397

Jaksa Diminta Usut dan Proses!!!


POSO NP – Proyek air bersih Tahun Anggaran 2018 senilai Rp 1,2 milyar lebih di Kelurahan Petirodongi, Kecamatan  Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah mubazir.

Proyek yang diduga dikerja oleh salah satu mitra Pemda Poso bernama Ridho itu saat ini tidak bisa dimanfaatkan sehingga bisa dianggap hanya membuang-buang anggaran saja.

“Setelah dikerja, proyek itu tidak bisa dirasakan warga. Ini mubazir dan perlu di usut Tipikor atau Kejaksaan karena jelas-jelas sudah merugikan keuangan negara,” ungkap sejumlah warga serius.

Rafli Tongku sebagai Lurah yang menjabat saat pekerjaan berlangsung belum bisa dimintai keterangannya, saat dihubungi  Nuansa Pos belum bersedia mengangkat telepon genggamnya.

Sementara Lurah penggantinya, David Bandola menyebutkan sumber air yang di gunakan untuk proyek tersebut tidak layak alias tidak akan mencukupi untuk memenuhi suplai air yang di butuhkan masyarakat.

“Sumber airnya memang tidak memenuhi syarat, sedangkan untuk  mandi  saja tidak cukup apalagi  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak,” ujarnya. 

Proyek air bersih itu sendiri saat ini menurut David sedang menjadi pembicaraan warga. 

Warga juga mendesak agar pihak kontraktor bertanggungjawab atas pekerjaan tersebut.”Memang persoalan air  bersih saat ini sedang menjadi persoalan dan desakan warga. Mereka minta kontraktornya bertanggungjawab,” tegas david kepada Nuansa Pos yang menghubungi via HP Minggu (26/1).   

Selain di Petirodongi, sebenarnya  masih banyak proyek-proyek air bersih yang mangkrak dan mubazir di kabupaten ini.

Dua diantaranya yang ada di Dusun Kajuawu, Kelurahan Pamona, Kecamatan Pamona Puselemba dan di Kelurahan Bukit Bambu, Kecamatan Poso Kota Selatan, kabupaten Poso (NP05)     

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here